Hari Kemerdekaan, Kesenian Soreng Kabupaten Magelang Akan Pentas di Istana Negara

Dilihat 1605 kali
Tim Soreng Kabupaten Magelang berlatih di halaman Setda Kabupaten Magelang, Kamis (1/8)

BERITAMAGELANG.ID - Seni tari tradisional Soreng Kabupaten Magelang mendapat kehormatan dari Presiden RI Joko Widodo, untuk tampil di Istana Negara, Jakarta, dalam rangkaian upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74 pada tanggal 17 Agustus mendatang.


Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana sangat bangga atas kesempatan yang telah diberikan kepada Kabupaten Magelang untuk mementaskan kesenian di Istana Negara.


Ia meminta agar seluruh pemain atau personel dari tim soreng Kabupaten Magelang benar-benar mempersiapkan segalanya dengan baik. Ia juga berpesan kepada tim agar tetap membawa nama baik Kabupaten Magelang saat pentas di Istana Negara.


"Saya minta kepada seluruh pemain agar bisa menjaga stamina. Jangan ada yang pingsan saat pentas karena ini akan disaksikan oleh jutaan penonton di Indonesia, baik secara langsung maupun dari televisi. Untuk tim official tolong pastikan bahwa kondisi pemain tetap vit sampai pentas," pesan Edi saat menyaksikan tim Soreng Kabupaten Magelang berlatih di halaman Setda Kabupaten Magelang, Kamis (1/8).


"Kita patut berbangga bahwa seni tari tradisional Soreng yang kita miliki ini diberi kesempatan untuk pentas di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus mendatang. Ini membuktikan bahwa kebudayaan dari Magelang sudah dikenal dan diperhitungkan," imbuh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang, Endra Endah Wacana. 


Sebanyak 200 siswa SD, SMP, SMA dan masyarakat dari Kecamatan Grabag, Pakis, dan Ngablak akan menampilkan pentas soreng di Istana Negara. Mereka berangkat ke Jakarta pada 13 Agustus 2019, dan tampil pada 17 Agustus 2019. Tim Soreng Kabupaten Magelang tengah melakukan persiapan dan dilatih intensif oleh instruktur dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.



Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar