Hari Kartini, Pjs Bupati Magelang Resmikan Ruang Laktasi

Dilihat 1453 kali
Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto didampingi Plt Sekda Eko Triyono dan Kepala Dinas Kesehatan Hendarto, resmikan Ruang Laktasi di lingkungan Setda Kabupaten Magelang, Sabtu (21/04)

BERITAMAGELANG.ID - Untuk memberikan hak kepada para ASN wanita yang sedang dalam masa menyusui, Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto resmikan Ruang Laktasi (menyusui) di kompleks Setda Kabupaten Magelang, Sabtu (21/04).

"Terkait ruang laktasi, sebenarnya sejak tahun 2015 sudah dibagikan surat edaran supaya di setiap kantor Pemerintah menyediakan ruang laktasi tersebut, khususnya bagi para ASN yang sedang dalam masa menyusui," ujar Tavip di sela peresmian Ruang Laktasi.

Harapannya, lanjut Tavip, supaya asupan Air Susu Ibu (ASI) kepada anaknya dapat terus terjaga. Selain memberikan fasilitas ruang laktasi di setiap kantor SKPD, Tavip juga telah berpesan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang untuk menyediakan tempat khusus bagi para perokok di kantor SKPD.

"Hal ini harus segera dilakukan secara serentak, karena sangat dibutuhkan oleh para ibu-ibu yang sedang menyusui. Sedangkan tempat khusus untuk merokok sendiri juga perlu ada, karena nantinya juga akan menjaga kondusivitas kerja dan kesehatan bagi para ASN lain yang tidak merokok," terangnya.

Sementara Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB PPPA) Retno Indriastuti menyebutkan saat ini sudah ada sekitar 19 ruang laktasi yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang.

"Ruang laktasi sudah ada di 17 Puskesmas yang ada di Kabupaten Magelang, ditambah 1 ruang laktasi di Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, dan 1 ruang laktasi yang baru saja diresmikan di lingkungan Setda Kabupaten Magelang hari ini. Ke depan, kami masih akan menambahkan lagi di setiap SKPD di Kabupaten Magelang," terang Retno.

Adapun fasilitas yang disediakan Ruang Laktasi di lingkungan Setda Kabupaten Magelang ini antara lain, ruangan yang nyaman dan representatif, kulkas untuk menyimpan ASI, breast pump (pompa ASI), dan sterilisator botol ASI.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar