Hari Ini Tertinggi di Kabupaten Magelang, Ada 18 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Dilihat 13025 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, Rabu (26/8/2020) bertambah 18 orang. Sebanyak 16 diantaranya, berasal dari Kecamatan Tegalrejo dan dua sisanya dari Kecamatan Mertoyudan dan Mungkid. Meski demikian, hari ini ada satu pasien positif yang sembuh. Ia berasal dari Kecamatan Secang.


Untuk tambahan positif dari Mertoyudan, adalah laki-laki usia 57 tahun. Ia terpapar karena kontak erat dengan pasien terkonfirmasi sebelumnya. Untuk saat ini, yang bersangkutan memilih melakukan isolasi mandiri. Sedang tambahan dari Mungkid, adalah seorang perempuan usia 13 tahun. "Ia terpapar covid-19 karena sebelumnya bertemu dengan saudaranya dari Jakarta dan ikut bepergian dengan mereka. Untuk saat ini, ia juga memilih menjalani isolasi mandiri," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Sementara untuk tambahan positif dari Kecamatan Tegalrejo, rata-rata semuanya berusia 12 hingga 18 tahun. "Semuanya berjenis kelamin laki-laki, dan sebelumnya ada kontak erat dengan pasien positif. Untuk saat ini, semuanya menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari petugas gugus tugas kabupaten, satgas kecamatan dan desa. Dengan tambahan 18 dan satu orang sembuh itu, jumlah kumulatif pasien positif ada 252 orang. Rinciannya, 13 dirawat, 43 menjalani isolasi mandiri, 188 sembuh dan delapan orang meninggal," jelasnya.


Sedang untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), lanjut Nanda, hari ini ada tambahan empat orang. Mereka berasal dari Kecamatan Mertoyudan, Borobudur, Muntilan dan Dukun. Meski demikian, saat ini juga ada dua PDP yang sembuh. Ia berasal dari Kecamatan Mungkid dan Secang. "Dengan tambahan empat dan dua sembuh itu, jumlah akumulasi PDP saat ini ada 453 orang. Terdiri dari 21 dirawat, 378 sembuh dan 54 meninggal. Untuk orang dalam pemantauan (ODP), tinggal 11 orang yang dipantau," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar