Pasien Positif Covid-19 Tambah Lima Orang Dari Ngablak

Dilihat 2855 kali
Foto ilustrasi: freepik.com
BERITAMAGELANG.ID - Jumlah pasien positif covid-19 di Kabupaten Magelang bertambah lima orang, Jumat (19/6/2020). Semuanya berasal dari Kecamatan Ngablak dan punya riwayat kontak erat dengan peserta ijtimak dari Gowa. 

"Mereka dirawat di Rumah Sakit Merah Putih," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi. 

Dengan tambahan lima ini, jumlah pasien terkonfirmasi positif saat ini menjadi 46 dari 41 sebelumnya. Dari 46 itu, sebanyak 33 dirawat di sejumlah rumah sakit di kota dan kabupaten Magelang. Sedangkan 13 lainnya, menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari gugus tugas kabupaten, satgas kecamatan dan desa. 

Jumlah pasien sembuh dan meninggal dari terkonfirmasi positif, hari ini tidak ada penambahan. Jumlahnya tetap 92 orang sembuh dan empat yang meninggal. Jumlah kumulatifnya, menjadi 142 orang.

Sementara dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada satu bayi perempuan berusia enam bulan warga Kecamatan Mertoyudan, meninggal. Sebelumnya, ia dirawat di RSU Tidar sejak 14 Juni dan meninggal Kamis (18/6/2020) malam. 

"Riwayatnya belum diketahui, hasil swabnya juga belum keluar. Sementara masih PDP," ungkapnya. 

Dengan tambahan satu PDP meninggal ini, jumlah yang meninggal menjadi 36 orang. Terdiri dari 32 dari PDP dan empat dari positif.

PDP yang dirawat hari ini juga ada tambahan tiga baru. Mereka berasal dari Kecamatan Borobudur, Kajoran dan Mungkid. Sehingga jumlah PDP yang dirawat menjadi 42 orang. Jumlah kumulatif PDP hingga saat ini, ada 247 orang. Terdiri dari 43 dirawat, 32 meninggal dan 172 sembuh. 

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP), berkurang satu karena lolos pantau, dan sekarang menjadi 41 orang.

Dengan masih adanya jumlah pasien positif dan PDP itu, menandakan virus corona masih ada. Terkait hal itu, masyarakat diminta tetap mematuhi imbauan Bupati Magelang, Zaenal Arifin, yakni menerapkan disiplin pribadi dan kolektif secara bersama-sama di lingkungan masing-masing. Baik disiplin soal bekerja, belajar dan beribadah di rumah. 

"Selain itu juga, wajib memakai masker saat keluar rumah, tidak berkerumun, jaga jarak minimal 1 hingga 2 meter, sering mencuci tangan pakai sabun, konsumsi makanan bergizi, olahraga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pesannya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar