Hari Ini Pasien Terkonfirmasi Positif Covid 19 Bertambah Satu Lagi

Dilihat 3313 kali
Ilustrasi Virus Corona. FOTO/iStockphoto/tirto.id

BERITAMAGELANG.ID - Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, Sabtu (11/7/2020) kembali bertambah satu orang. Ia adalah laki-laki usia 39 tahun dari Kecamatan Salaman. Kini jumlah pasien positif yang dirawat menjadi 8 dari 7 orang sebelumnya. Untuk jumlah kumulatifnya, kini menjadi 150 orang. Dengan rincian delapan dirawat, 138 sembuh dan empat meninggal.


Menurut Koordinator Bidang Operasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Magelang, Retno Indrastuti mengatakan, beberapa tambahan pasien positif akhir-akhir ini di Kabupaten Magelang, berasal atau terpapar dari orang luar daerah. "Seperti tambahan terakhir dari Salaman ini. Ia adalah pekerja di UNS (Universitas Sebelas Maret) Surakarta. Seminggu sekali pulang ke Salaman. Hal sama juga untuk tambahan empat orang yang semuanya satu keluarga dari Kecamatan Mertoyudan. Mereka terpapar covid-19 dari salah satu anaknya, yang sering bepergian ke Jakarta," katanya.


Untuk saat ini, kata Retno yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, pihaknya tengah melakukan tracing terhadap warga yang melakukan kontak erat dengan tambahan di Kecamatan Mertoyudan dan Salaman tersebut. "Untuk saat ini, kami baru melakukan tracing. Setelah itu dilanjut rapid test terhadap warga yang melakukan kontak erat dengan tambahan yang positif tersebut. Terlepas dari itu, kami minta warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap orang yang sering bepergian ke luar kota. Demikian pula orang yang datang dari luar kota," pintanya.


Sementara Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menambahkan, selain ada tambahan satu positif dari Kecamatan Salaman itu, hari ini juga ada tambahan empat Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Mereka berasal dari Kecamatan Dukun, Kajoran, Grabag dan Ngablak. Meski demikian, ada dua PDP yang dinyatakan sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Srumbung dan Grabag. "Dengan tambahan empat dan dua sembuh ini, jumlah PDP yang dirawat ada 10 dari delapan orang sebelumnya. Untuk jumlah kumulatifnya, ada 294 orang. Rinciannya, 10 dirawat, 258 sembuh dan 36 meninggal," imbuhnya.


Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), hari ini ada satu orang yang lolos pantau. Namun demikian, ada tambahan 12 orang yang saat ini dilakukan pemantauan. "Sebanyak 12 orang itu, mayoritas adalah yang diduga pernah kontak erat dengan tambahan positif terakhir. Sedang total ODP yang saat ini dipantau ada 19 orang," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju tatanan kenormalan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar