Hari Ini, Pasien Positif Tambah 10 Orang

Dilihat 17756 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, Selasa (28/7/2020) bertambah 10 orang. Tiga diantaranya berasal dari Kecamatan Salaman, dan masing-masing dua orang dari Kecamatan Salam, Mertoyudan dan Secang serta satu dari Kecamatan Muntilan. Dengan tambahan 10 orang ini, jumlah pasien positif saat ini menjadi 17 orang.


"Semua tambahan pasien positif ini, memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif sebelumnya. Untuk rincian penambahan pasien positif dari Kecamatan Salaman, terdiri dari perempuan usia 58 dan 33 tahun serta laki-laki 61 tahun. Ketiganya memilih melakukan isolasi mandiri (isman). Untuk tambahan dari Kecamatan Salam, terdiri dari perempuan usia 20 tahun memilih isman dan laki-laki 38 tahun dirawat di RSUD Muntilan," kata Koordinator Bidang Operasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Retno Indrastuti.


Untuk dua tambahan dari Kecamatan Mertoyudan, lanjut Retno, kedua-duanya memiliki riwayat kontak dengan kasus terkonfirmasi. Yakni laki-laki usia 50 dan perempuan usia 46 tahun. "Sedang dua tambahan dari Kecamatan Secang, terdiri dari perempuan dan laki-laki berusia 18 tahun. Keduanya terpapar covid-19 karena ada riwayat kontak langsung dengan kasus konfirmasi," lanjutnya.


Lebih lanjut dikatakan Retno yang juga Kepala Dinas Kesehatan itu, satu tambahan dari Kecamatan Muntilan, adalah seorang perempuan berusia 39 tahun. "Saat ini, yang bersangkutan dirawat di RSUD Muntilan. Dengan tambahan 10 itu, jumlah akumulasi pasien positif diwilayah ini menjadi 170 orang. Rinciannya, delapan dirawat, sembilan menjalani isolasi mandiri, 147 sembuh dan enam meninggal," jelasnya.


Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menambahkan,  selain tambahan 10 pasien positif itu, hari ini juga ada tambahan lima Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Mereka berasal dari Kecamatan Mertoyudan, Kajoran, Muntilan, Mungkid dan Sawangan. Meski demikian, ada empat PDP yang dinyatakan sembuh. "Empat PDP itu berasal dari Kecamatan Borobudur, Mungkid, Muntilan dan Dukun. Jumlah akumulasi PDP saat ini menjadi 340 orang. Terdiri 13 dirawat, 285 sembuh dan 42 meninggal," imbuhnya.


Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), hari ini ada satu orang yang lolos pantau. Hanya saja, ada dua tambahan ODP. "Dengan adanya tambahan dan yang lolos pantau itu, jumlah ODP yang masih dipantau menjadi 12 orang," ujarnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju tatanan kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar