Hari Ini Luncuran Awan Panas Merapi Capai 2 Kilometer

Dilihat 1505 kali
Relawan memantau guguran awan panas Merapi dari Blok Watugede Desa Kaliurang Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang
BERITAMAGELANG.ID - Guguran awan panas Gunung Merapi kembali terjadi Kamis (28/1/2021). Material erupsi tersebut mengarah ke hulu Kali Boyong dan Krasak.

"Terjadi awan panas guguran Merapi tanggal 28 Januari 2021 pukul 10:13 WIB," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida dalam keterangan resminya @BPPTKG.

Hanik menjelaskan awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 69 milimeter dan durasi 175 detik. Saat erupsi cuaca berkabut sehingga tinggi kolom tidak teramati.

"Tinggi kolom tak teramati, cuaca berkabut, estimasi jarak luncur 2.000 meter ke arah barat daya ke hulu Kali Krasak dan Boyong," paparnya.

Hasil pengamatan pukul 06.00-12.00 WIB, selain awan panas, BPPTKG juga mencatat terjadi 30 kali gempa guguran dari puncak Gunung Merapi dengan amplitude 3-32mm, durasi 11-143 detik. Gempa hembusan mencapai tiga kali, dan empat kali gempa hybrid fase banyak.

Saat luncuran awan panas itu, visual Gunung Merapi dari Dusun Sumberejo Gimbal Desa Kaliurang Kecamatan Sumbung Kabupaten Magelang tidak terlihat karena tertutup kabut. Dusun Gimbal ini merupakan desa tertinggi di wilayah Kabupaten Magelang pada jarak 8 km dari puncak Merapi.

"Tidak kelihatan asapnya, tadi saat lagi di ladang Merapi berkabut," ungkap salah warga Dusun Sumberejo, Makrudin.

Ia menuturkan, pada kejadian awan panas itu dirinya juga tidak mendengar suara gemuruh maupun merasakan getaran dari gunung.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar