Hari Ini Kembali Ditemukan Dua Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19

Dilihat 5219 kali
Rumah Sakit Merah Putih Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID-- Pada hai ini Rabu (12/8/2020) pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, kembali bertambah. Kali ini bertambah dua orang, semuanya laki-laki dan berasal dari Kecamatan Secang dan Borobudur. Dengan tambahan dua ini, total pasien yang dirawat maupun menjalani isolasi mandiri, menjadi 30 dari 28 pasien sebelumnya.


Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, untuk tambahan dari Kecamatan Secang, adalah seorang laki-laki, berusia 34 tahun. Hasil swab positif tertanggal 11 Agustus di RSJ Soerojo. "Namun demikian yang bersangkutan memilih untuk menjalani isolasi mandiri. Sebelumnya, ia melakukan perjalanan dari Jogja," katanya.


Untuk tambahan positif dari Kecamatan Borobudur, kata Nanda, merupakan seorang laki-laki berusia 49 tahun. Ia adalah pelaku perjalanan dan sering bepergian ke Semarang. "Hasil swab positif tertanggal 11 Agustus di salah satu rumah sakit di Semarang. Untuk saat ini, yang bersangkutan dirawat di RS Merah Putih. Dengan tambahan dua positif ini, total akumulasi positif menjadi 199 orang. Terdiri 20 dirawat, 10 menjalani isolasi mandiri, 163 sembuh dan enam meninggal," jelasnya.


Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada empat yang dinyatakan sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Salaman, Tempuran, Secang dan Mungkid. "Hanya saja, hari ini ada PDP yang meninggal berasal Kecamatan Dukun. Ia adalah laki-laki berusia 74 tahun. Sebelumnya, almarhum dirawat di RSUD Muntilan. Dengan adanya PDP yang meninggal ini, jumlahnya sudah mencapai 48 orang. Untuk jumlah kumulatifnya, telah mencapai 409 orang. Rinciannya, 26 dirawat, 335 sembuh, 48 meninggal," lanjutnya.


Sedang untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), hari ini ada satu orang yang lolos pantau. Namun demikian, ada tambahan enam ODP baru. Sehingga jumlah ODP yang masih dipantau, total ada 17 orang. "Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada," tegasnya.


Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar