Guru Muda Asal Magelang Terpilih Jadi Pakar Pendidik Inovatif Microsoft

Dilihat 7662 kali
Rahma Hda Putranto MIEE (Microsoft Innovative Educator Expert) asal Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID -- Rahma Huda Putranto Guru Muda asal Kabupaten Magelang, terpilih menjadi seorang  MIEE (Microsoft Innovative Educator Expert) atau jika diterjemahkan secara bebas berarti Pakar Pendidik Inovatif Microsoft. Terpilihnya Huda sebagai salah satu Pakar Pendidik Inovatif Microsoft bukanlah perkara mudah. Ada kriteria ketat yang diterapkan oleh Microsoft.

        Beberapa kriteria yang dilihat oleh Microsoft ketika memilih pendidik menjadi MIEE adalah, bersemangat dengan pekerjaan sebagai seorang pendidik, memiliki semangat kolaboratif sejati, berusaha untuk menginspirasi siswa dengan pemikiran di luar kotak tentang teknologi dalam pendidikan dan lain sebagainya. Microsoft juga menghargai kecerdasan dan jiwa entrepreneur. Jiwa entrepreneur ini bukan jiwa kewirausahaan yang sering diidentikkan dengan dunia usaha saja namun lebih pada hal yang bersifat umum.

        "Ini menjadi pengalaman yang luar biasa. Saya masih ingat betul bagaimana "profesor-profesor" MIEE pertama kali memperkenalkannya pada Microsoft sekitar lima tahun lalu. Perkenalan dengan Microsoft untuk pertama kali itu juga mengingatkan saya kepada "kakak-kakak pembina" ini melibatkan dirinya dalam sebuah tim trainer." ujar Huda ketika dihubungi melalui sambungan telepon Kamis (13/8/2020).

        Menurut penuturan Huda, tim itu telah membawanya menjadi pelatih dari 945 guru di tahun 2019 secara tatap muka. Sementara di tahun ini, selama pandemi, melalui sistem dalam jaringan (daring), Huda mengelola sekitar 3.000 guru di Indonesia.

        "MIEE ini merupakan komunitas global ekslusif yang dikelola oleh Microsoft -level global- internasional. Microsoft melihat seorang pendidik yang menjadi MIEE memiliki keunggulan dalam pendidikan, menggunakan teknologi, dan media social. Dalam hal ini, Microsoft berkeyakinan bahwa kekuatan perubahan ada di dalam pendidik," ungkap Duta Baca Kabupaten Magelang 2019 ini.

        Pendidik yang terpilih sebagai MIEE akan dilibatkan dalam kegiatan pendidikan Microsoft selama satu tahun ke depan. Bisa juga diteruskan ke tahun-tahun selanjutnya bila dinominasikan kembali.

        "Saya yakin menjadi seorang MIEE sangat menyenangkan. Microsoft memberikan berbagai macam layanan dan kesempatan kepada pendidik yang terpilih menjadi MIEE selama satu tahun ke depan," tambahnya.

       Kelebihan lain yang di dapat ketika terpilih menjadi MIEE adalah mendapatkan akses ke produk dan alat Microsoft secara gratis. Kemudian dapat berpartisipasi dalam peluang pengembangan profesional eksklusif, serta berpeluang untuk mengembangkan "personality branding" sebagai pemimpin dan pemikir dengan berpartisipasi dalam studi kasus, ceramah, dan pengembangan konten dan lain sebagainya.

     "MIEE mendapatkan akses ke produk dan alat Microsoft secara gratis. Kemudian dapat berpartisipasi dalam peluang pengembangan profesional eksklusif, serta berpeluang untuk mengembangkan personality branding," pungkas Guru SD Negeri Borobudur 1 ini.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar