Gunung Andong Terbakar, Puluhan Personil Padamkan Api

Dilihat 1597 kali
Gunung Andong Dusun Temu, Desa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak terbakar, Minggu (1/9).

BERITAMAGELANG.ID - Kebakaran melanda kawasan hitam Gunung andong di Kabupaten Magelang, Minggu (1/9).


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto mengungkapkan, kebakaran Gunung Andong terpantau sekitar pukul 11.05 WIB di bagian sisi timur laut.


"Semula terpantau kepulan asap di hutan lereng Gunung Andong yang berada di Petak 27f2 sisi Timur Laut. Lokasi itu masuk Dusun Temu, Desa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak," kata Edy.


Upaya pemadaman saat itu juga langsung dilakukan oleh personil gabungan dari Perhutani, Sarda, SAR Semesta, MPA, Basecamp dan warga. Sekitar 50 personil itu dibagi dalam dua regu untuk menuju lokasi kebakaran.


"Tim gabungan dibagi menjadi 2 satuan regu atau SRU. SRU 1 melakukan proses Evakuasi pendaki dan SRU 2 melakukan pemadaman," jelas Edi.


Titik api yang berada di sisi kanan bawah Pos Gogik sudah berhasil dipadamkan, tetapi masih terdapat bara api. Sedangkan titik api yang di sisi atas belum padam dan merembet ke arah Desa Girirejo.


Hingga pukul 12.47 WIB titik api yang di Desa Girirejo sisi bawah sudah berhasil dipadamkan, tetapi masih ada sisa bara api.


"Sempat muncul kepulan asap dari pembakaran bahan/benda yang mudah terbakar yang sengaja dibakar oleh warga dan relawan. Kemudian atas pengawasan pihak Perhutani, materi itu kemudian ditimbun dengan tanah agar tidak kembali terbakar," turur Edi.


Hingga saat ini penyebab kebakaran belum diketahui dan tim gabungan terus melakukan pemantauan untuk mengantisipasi munculnya titik api di beberapa lokasi.


Sementara itu, diperkirakan luas hutan/lahan yang terbakar mencapai 2 Ha.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar