Guest House nDalem Tentrem Sajikan Nuansa Kantor Kelurahan Tahun 1908

Dilihat 492 kali
Guest House nDalem Tentrem bernuansa Kantor Kelurahan Tahun 1908.

BERITA MAGELANG.ID- Kesan unik dan vintage akan sangat kental dirasakan bagi para pengunjung yang ingin menginap atau bermalam di Guest House nDalem Tentrem yang terletak di Jalan Mayor Kusen 01, Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Bagaimana tidak, bangunan Guest House ini sudah berdiri sejak tahun 1908 yang dulunya digunakan sebagai Kantor Kelurahan di zamannya dan tentu memiliki nilai-nilai sejarah yang sangat berharga.

Pemilik Guest House nDalem Tentrem, Tafsir Nur Hamid menceritakan bahwa Guest House tersebut merupakan peninggalan orang tua yang hingga saat ini masih dirawat dan dipertahankan keasliannya.

"Kalau bangunannya sendiri sudah sejak tahun 1908 yang dulunya digunakan untuk Kantor Kelurahan, saya sendiri generasi ke 4. Jadi bangunan ini milik dari orang tua buyut saya dulu dan bentuknya pun masih Joglo dengan kayu jati asli zaman dulu," kata Tafsir.

Saat datang di Guest House ini, pengunjung akan langsung bisa melihat bangunan Joglo tahun 1908 yang dulunya digunakan sebagai Kantor Kelurahan itu. Semua desain mulai dari meja, kursi, pintu dan lain sebagainya masih asli seperti sediakala yang terbuat dari kayu jati.

Begitu masuk ke ruang tengah, pengunjung akan lebih dikejutkan lagi dengan bentuk bangunan klasik tempo dulu khas Kantor, sekaligus rumah Kepala Desa/Lurah. 



"Hampir semua bangunannya menggunakan kayu jati zaman dulu. Tempat kerja Lurahnya pun sudah diubah menjadi kamar sekarang, dengan tetap mempertahankan keasliannya. Bahkan kami tidak menambahkan AC hanya kami tambahkan kipas angin supaya terkesan tetap klasik," ungkap Tafsir.

Tafsir mengatakan, Guest House ini sendiri dibuka mulai tahun 2003 dan langsung diminati rata-rata oleh turis mancanegara yang sangat suka dengan bangunan klasik dan bersejarah. Namun demikian, pengunjung luar daerah pun juga sering kali menginap di Guest House ini, terutama pada saat acara Peringatan Waisak. Hal ini dikarenakan letak Guest House tersebut berada disamping persis Candi Mendut.

Letaknya yang sangat strategis inilah yang akhirnya menambah nilai tambah Guest House nDalem Tentrem. Apabila pengunjung ingin ke Candi Borobudur jaraknya pun tidak terlalu jauh untuk ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 3 KM.

Untuk menambah keklasikannya ini, nDalem Tentrem juga akan menyajikan menu makanan dan minuman tradisional asli Magelang bagi para pengunjung seperti, Mangut Beong, jangan lodeh dan lain sebagainya.


"Untuk menu tentu kita utamakan yang tradisional. Namun apabila pengunjung ada permintaan khusus kami akan tetap layani," kata Tafsir.

Menariknya lagi, Guest House nDalem Tentrem juga bekerjasama dengan penyedia jasa pariwisata seperti Arung Jeram, wisata VW, wisata Jeep dan yang lainnya.

"Tentu kami juga sangat fleksibel apabila ada pengunjung yang ingin berwisata seperti keliling menggunakan VW bisa kami carikan, atau arung jeram juga bisa kami carikan," ujarnya.

Menariknya lagi, dengan semua tawaran yang sangat recommended ini, Tafsir tidak membandrol harga yang sangat mahal. Untuk tarif kamar di Guest House nDalem Tentrem sendiri mulai Rp 300 - Rp 350 ribu permalam.

"Namun apabila ada pengunjung yang mau menyewa seluruh bangunan Guest House ini kita hanya kenakan tarif Rp 2,5 juta permalam. Jadi silahkan saja dianggap seperti rumah sendiri saja. Kalau mau masak masak sendiri juga boleh kami tidak melarang," beber Tafsir.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar