Gubernur Jateng Apresiasi TMMD Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Dilihat 656 kali
Gubernur Jaterng Ganjar Pranowo membuka TMMD Reguler 102 di Lapangan Bandongan Kabupaten Magelang Selasa (10/07)

BERITAMAGELANG.ID - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara resmi membuka kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler 102 tahun 2018 di Lapangan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Selasa (10/07).

Dalam sambutannya, Ganjar Pranowo mengungkapkan apresiasi tinggi terhadap program TMMD sebagai salah satu upaya untuk memberdayakan dan mengedukasi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian dan pemerataan pembangunan di wilayah pedesaan.

"TMMD bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa saja, tapi juga membangun semangat dan kepercayaan masyarakat desa agar mampu mengelola potensi yang mereka miliki," katanya.

Menurut Ganjar, TMMD memberi efek luar biasa dalam upaya mensejahterakan kehidupan masyaraakat di pedesaan. "TMMD mampu menjadi program yang mampu megentaskan kemiskinan di Jawa Tengah. yang angkanya masih cukup tinggi mencapai 12,23 persen ditahun 2017," lanjutnya.

Upacara pembukaan TMMD dihadiri Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Muhammad Zamroni, Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo, serta para pejabat jajaran Kodam IV/Diponegoro, Pemerintah Daerah, dan instansi terkait.

Tak kalah pentingnya, program TMMD yang dilaksanakan yaitu upaya untuk terus mengedukasi masyarakat tentang nasionalisme, ancaman terorisme dan radikalisme, serta bahaya narkoba, khususnya para pemuda generasi penerus bangsa.

Di wilayah Kodam IV/Diponegoro, TMMD dilaksanakan di empat wilayah, yakni Kodim 0704/Banjarnegara, Kodim 0705/Magelang, Kodim 0714/Salatiga, dan Kodim 0728/Wonogiri.

Program-program yang dilaksanakan dalam TMMD kali ini diantaranya pemugaran Rumah Tak Layak Huni (RTLH), membangun jambanisasi ataupun sanitasi dan pengerasan jalan penghubung antar desa.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jateng didampingi Kasdam IV/Diponegoro dan Kapolres Magelang menyerahkan bantuan sembako kepada Veteran, pembagian pakaian seragam SD, dan penanaman pohon. Pembukaan TMMD diakhiri dengan meninjau lokasi sasaran TMMD di Desa Gandusari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang.



Editor Agus Munasir

0 Komentar

Tambahkan Komentar