Launching Gerakan Nasional Baca Buku, Pjs Bupati Magelang Mendongeng Untuk Anak PAUD

Dilihat 2109 kali
Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto bacakan dongeng untuk anak-anak PAUD dalam acara Launching Gernas Baku, Sabtu (05/05)

BERITAMAGELANG.ID - Suasana berubah riuh seketika saat Pejabat sementara Bupati Magelang Tavip Supriyanto hadir dalam acara 'Launching Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku)' di Balai Desa Paremono, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (05/05).

Dalam kesempatan tersebut, Tavip tampil membacakan dongeng di hadapan ratusan anak dan guru PAUD se-Kabupaten Magelang. Dengan luwesnya, ia membacakan dongeng berjudul 'Burung Kakak Tua' sambil duduk bersimpuh di atas panggung bersama sejumlah anak PAUD yang mengelilinginya. Anak-anak pun tampak terhibur dan sesekali tertawa jenaka mendengar dan melihat ekspresi jenaka sang Bupati ketika membacakan cerita.

Tidak hanya itu, sebelumnya Tavip juga bergabung bersama ratusan anak dan guru PAUD lainnya dalam bernyanyi dan menari Gerak Lagu PAUD di atas panggung. Ia tidak tampak grogi, justru malah enjoy serta hanyut dalam riangnya lagu dan suasana penonton.


Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto turut bernyanyi dan menari irama gerak PAUD

Dalam kesempatan ini, Tavip juga menyampaikan pentingnya mendampingi anak saat bermain gadget karena semua informasi bisa diakses dari situ.

"Baik itu informasi yang bermanfaat, ataupun tidak seperti gambar porno atau narkoba semua bisa dilihat dari HP," ujar Tavip.

Mencerdaskan anak, lanjut Tavip, merupakan tanggung jawab bersama. Tidak hanya pemerintah, melainkan juga orang tua dan guru.

"Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang sangat penting, bahkan merupakan pendidikan dasar yang harus kita tanamkan kepada anak-anak kita, khususnya anak di usia dini," lanjut Tavip.

Untuk menumbuhkan literasi gemar membaca, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) meluncurkan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) dan meluncurkan Buku 'Guru PAUD Zaman Literasi'.

Ketua HIMPAUDI Kabupaten Magelang, Ida Fitri Lusiana menyebutkan, terdapat kurang lebih 700 peserta yang ikut dalam kegiatan Gernas Baku tersebut, yang terdiri dari, wali murid, pendidik, orang tua, tamu undangan, dan anak-anak usia dini.

"Kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi Pemerintah Kabupaten Magelang dalam mendukung Gernas Baku, sebagai ajang menumbuhkembangkan kebersamaan antara anak dan orang tua sehingga terjalin komunikasi yang baik, khususnya di bidang pendidikan anak usia dini," kata Ida.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Haryono mengungkapkan kegiatan Gernas Baku tersebut sangatlah penting dalam mendukung inisiasi peran keluarga dalam menumbuhkan minat baca anak-anak melalui peran serta orang tua.

"Sebetulnya minat baca orang di desa itu sangat tinggi. Kemauan membacanya sudah ada, namun daya bacanya saja yang perlu kita tingkatkan lagi. Sehingga tidak hanya membaca gadgetnya saja yang rajin, namun juga membaca buku juga harus rajin," seloroh Haryono. 

Kabupaten Magelang memiliki 880 lembaga PAUD, yang terdiri dari 440 TK dan 440 kelompok bermain, dengan total siswa TK 18.660 dan kelompok bermain sejumlah 9.334 siswa.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar