Gelembung Busa Misterius Mirip Salju Muncul di Lereng Merapi

Dilihat 2432 kali
Fenomena gelembung busa misterius di Dusun Kutan, Desa Sedayu, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (10/06).

BERITAMAGELANG.ID - Gelembung busa misterius mirip salju putih membuat geger warga di lereng Gunung Merapi, Dusun Kutan, Desa Sedayu, Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (10/06).

Fenomena gelembung busa tak lazim itu tersebar di area persawahan, menempel di tanaman padi dan rerumputan.

Ani (25), salah satu warga yang melintas di area tersebut mengatakan gelembung busa terlihat sekitar pukul 07.00 WIB.

"Saya sempat berhenti sebentar untuk mendokumentasikan dengan kamera ponsel. Saya tidak berani menyentuh karena takut kalau berbahaya," katanya.

Gelembung busa yang mirip gumpalan salju itu berwarna putih. Jika diperhatikan lebih seksama terlihat seperti busa sabun cuci deterjen. 

"Warnanya putih bersih dan menggumpal tampak halus dalam jumlah banyak yang menempel di beberapa titik area persawahan," imbuhnya.

Sementara petugas Forecaster Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang, Zauyik Nana Ruslana menyampaikan kejadian itu tidak hanya sekali terjadi di Indonesia. 

"Kejadian tersebut sempat viral juga di beberapa wilayah, seperti di Jakarta dan Kediri, Jawa Timur beberapa waktu lalu," katanya.

Dia menduga fenomena gelembung busa itu terjadi akibat air di sawah di lokasi mengandung bahan kimia tertentu. Ketika ada aliran air lain maka menimbulkan busa.

"Bisa juga waktu itu hujan sehingga bahan kimia yang terkandung di air sawah dan sekitarnya berbuih," terangnya.

Hingga berita ini dibuat, belum ada informasi dampak yang ditimbulkan oleh munculnya gelembung busa misterius itu.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar