Tingkatkan Literasi, Perpusda Tetap Buka Pada Akhir Pekan

Dilihat 3792 kali
GAZEBO. Taman baca terbuka berwujud Gazebo di halaman Perpusda Muntilan Kabupaten Magelang menjadi pilihan pengunjung perpustakaan untuk membaca buku.

BERITAMAGELANG.ID - Tingkat kunjungan ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Magelang di Muntilan, semakin meningkat, terutama usai diresmikannya gedung baru perpustakaan tersebut.


Dari data Perpusda, pada 2017 terdapat 39.967 pengunjung, dan pada 2018 meningkat menjadi 76.548 pengunjung.


Menurut Kabid Perpustakaan pada Perpusda Kabupaten Magelang, Endang Winarni, SH, faktor utama peningkatan kunjungan dipengaruhi oleh keberadaan gedung baru dengan segala fasilitasnya.


"Gedung baru yang dibuka pada 2 April 2018 ini, membuat suasana tempat untuk membaca buku menjadi lebih nyaman.


Ditambah terdapat fasilitas taman baca terbuka berwujud gazebo di halaman Perpusda, lengkap dengan wifi dan kelistrikannya. Serta ada room theater dan sarana prasarana lainnya, membuat pengunjung semakin betah untuk membaca," kata Endang di kantornya, Jumat (18/01). 


Untuk meningkatkan kunjungan, pada 2019 ini Perpusda akan menambah waktu pelayanan, yaitu buka pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.


"Pada tahun 2018 hari Sabtu dan Minggu sudah buka dan memberikan pelayanan, namun hanya sampai pukul 14.00 WIB, pada tahun 2019 ditambah hingga pukul 18.00 WIB," papar Endang.


Endang menjelaskan, penambahan jam pelayanan tersebut juga dalam rangka mendukung program Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yaitu pelaksanaan revitalisasi pengembangan perpustakaan umum berbasis Inklusi, yaitu sosial ekonomi, pendidikan dan kesehatan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Kami mendapat program tersebut pada akhir Desember 2018, yakni bantuan buku dan tiga PC (komputer), untuk dipergunakan sebagai sarana pelatihan keterampilan masyarakat. 


Karena saat ini perpustakaan tidak hanya pusat membaca, tetapi juga pusat berkegiatan dan pemberdayaan masyarakat. Aula gedung perpustakaan juga dipergunakan berkegiatan, seperti Komunitas Yoga, Silat dan berbagai macam lomba bisa diselenggarakan di Perpustakaan Daerah," kata dia.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar