Forum Data Bahas Percepatan Publikasi Magelang Dalam Angka

Dilihat 407 kali

BERITAMAGELANG.ID - Forum data statistik Kabupaten Magelang digelar di ruang rapat Dinas Pertanian Kabupaten Magelang, Rabu (22/01/2020).


Forum data statistik kali ini membahas tentang percepatan publikasi ‘Kabupaten Magelang dalam Angka 2020’ serta pengumpulan metadata statistik sektoral 2020. Forum ini guna mempermudah pemerolehan data yang valid dari berbagai dinas atau instansi. Data-data tersebut dapat digunakan oleh pemerintah daerah bahkan masyarakat. 


“Bagi dinas dan instansi yang mempunyai data-data yang boleh dipublikasikan secara luas boleh ditambahkan ke dalam web publikasi Magelang dalam angka supaya web tersebut juga kaya akan data,” kata Kabid Aplikasi Informatika dan Statistik pada Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Sugeng Riyadi.


Pada kesempatan tersebut Sugeng berharap anggota Forum Data Statistik Kabupaten Magelang tidak berganti-ganti agar data yang masuk bersifat tetap dan tidak berubah-ubah mengikuti bergantinya anggota. 


“Nantinya forum ini akan mengajukan surat keputusan dari Bupati Magelang,” imbuhnya.


Sugeng melanjutkan, beberapa data yang biasanya rilis setiap Agustus ditargetkan rilis pada akhir Februari 2020.


Pada bulan ini juga mulai gencar sosialisasi sensus penduduk, karena bulan depan sudah dibuka link update data untuk masyarakat melalui laman sensus.bps.go.id.


Harapannya masyarakat bisa mengupdate data mandiri dan ikut menyukseskan sensus penduduk. 


“Untuk PNS sendiri ditargetkan berpartisipasi 100%,“ harapnya.


Acara hari ini bertujuan untuk menyelesaikan data-data yang sudah disepakati dan harapannya untuk data yang belum memenuhi target segera dipenuhi. 


Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Magelang Sri Wiyadi mengungkapkan pentingnya data statistik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi pembangunan.


“Data itu dipandang harganya sangat mahal. Peran data ini ada dalam penyusunan pembangunan itu untuk penyusunan perencanaan, penetapan perencanaan, pengendalian perencanaan dan evaluasi pelaksanaan,” ujarnya.


Penyelenggaraan statistik sektoral harus didasarkan pada kebutuhan data dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan.


Forum Data Statistik dihadiri oleh seluruh dinas dan instansi yang berada di Kabupaten Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar