FGD Pembahasan Evaluasi Zonasi TNGM Resor Wonolelo

Dilihat 59 kali
DISKUSI. Focus Group Discussion (FGD ) Pembahasan Evaluasi Zonasi Pengelolaan Taman Nasional Gunung Merbabu Resor Wonolelo, digelar di Balai Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Evaluasi Zonasi Pengelolaan Taman Nasional Gunung Merbabu Resor Wonolelo, dilaksanakan bertempat di Aula Balai Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Senin (7/9/2020).


Dalam kegiatan tersebut Kepala TNGM Resor Wonolelo Ir. Junita Parjanti, MT, menyampaikan, pemanfaatan sumber mata air di wilayah TNGM oleh masyarakat setempat, termasuk untuk pertanian. "Terdapat usulan pembuatan embung di wilayah Desa Banyuroto dan Desa Wonolelo untuk kebutuhan masyarakat sekitar. Dengan demikian bisa menyokong kebutuhan air untuk pertanian," ucap Junita.


Selain itu disampaikan, agar masyarakat sekitar wilayah TNGM aktif antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), termasuk dengan pemberdayaan Komunitas Masyarakat Peduli Api (MPA). Serta penanaman pohon Puspa, Aren dan Kesowo, sebagai bentuk pemulihan ekosistem untuk mengembalikan kawasan yang rusak, agar kembali seperti ekosistem semula.


Potensi Taman Nasional Gunung Merbabu, sebagai obyek wisata alam, harus dikelola dengan baik dan memerlukan sinergitas dari unsur-unsur terkait.


"Pengembangan potensi wisata daerah setempat yang bersinggungan dengan kawasan TNGM. Maka diperlukan sinergitas antara pengelola TNGM dengan masyarakat setempat," tutur Junita.


Kegiatan tersebut dihadiri, Kepala TNGM Resor Wonolelo Ir. Junita Parjanti, MT, berserta Tim, Kapolsek Sawangangan AKP. Sujarwanto, S.I.Kom.,M.M, Kapolsek Pakis IPTU S. Mulyanto, Danramil 12 Sawangan Kapten Suhadi, Koramil 08 Pakis, Camat Sawangan, Camat Pakis, Kades Desa Wonolelo, Kades Desa Banyuroto, Kades Wulunggunung, Kades Daleman Kidul, Kades Pogalan, Kadus Dusun Suwanting, Desa Sobleman, perwakilan dari Dusun Grenden, Daleman Kidul Kecamatan Pakis.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar