Festival Sinergi dan Harmoni Digelar di Candi Pawon

Dilihat 232 kali
Menyambut rangkaian Borobudur Marathon dalam Festival Sinergi dan Harmoni, di halaman Candi Pawon Borobudur.

BERITAMAGELANG.ID - Menyambut rangkaian Borobudur Marathon pada 17 November mendatang, Festival Sinergi dan Harmoni digelar dengan berbagai macam lomba yang melibatkan sekolah sekitar Borobudur. Juga ada Pasar Harmoni yang digelar di pelataran Candi Pawon Borobudur, Sabtu (2/11/2019).


Yayasan Borobudur Marathon dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, bekerja sama dengan Harian Kompas, menyelenggarakan Festival Sinergi dan Harmoni yang merupakan wadah bagi komunitas serta warga lokal di sekitaran Candi Borobudur untuk berbaur menjadi satu agar terjadi keselarasan.


Festival Sinergi dan Harmoni diramaikan stand pedagang kuliner tradisional, serta berbagai kegiatan perlombaan.


Melalui tema 'Synergy and Harmony', Borobudur Marathon 2019 ingin mengajak seluruh pihak yang terlibat yaitu, sponsor, penyelenggara, peserta, dan masyarakat lokal untuk bersinergi dalam menciptakan keselarasan demi meningkatkan nilai pariwisata dan ekonomi Provinsi Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Magelang.


Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) mendukung kegiatan tersebut, sebagai sportourism, yang memadukan olahraga dan pariwisata.


"Di samping itu pihak penyelenggara juga melibatkan masyarakat sekitar dalam Pasar Harmoni maupun lomba siswa, dengan demikian hal ini ada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat," ucap Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso yang turut menghadiri kegiatan tersebut.


Festival Sinergi dan Harmoni dikemas dengan memadukan perlombaan paduan suara dan majalah dinding (mading) untuk siswa-siswi SD, SMP, dan SMA. Pertunjukan kesenian berupa Tari Soreng, dan pameran sajian 25 tenant makanan dan minuman Pasar Harmoni persembahan warga lokal dibimbing oleh para juru masak eksekutif yang berasal dari hotel-hotel sekitar Kota dan Kabupaten Magelang.


"Sekolah yang menjadi pemenang perlombaan mendapatkan hadiah berupa piala dan uang tunai," ujar Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno. 


Supriyatno menambahkan, warga lokal, dan pihak-pihak yang terlibat diharapkan selalu mengedepankan nilai Sinergi dan Harmoni, agar perhelatan Borobudur Marathon 2019 tidak hanya sekedar sukses, tetapi memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh warga lokal di kawasan Candi Borobudur.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar