Ragam Produk Dipamerkan Dalam Festival Pangan Bermutu dan Aman Konsumsi 2018

Dilihat 1530 kali
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen meninjau stand Festival Pangan Bermutu dan Aman Konsumsi 2018, Selasa (27/11)

BERITAMAGELANG.ID - Memfasilitasi kelompok tani mempromosikan hasil produknya di bidang pangan, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah menggelar acara Festival Pangan Bermutu dan Aman Konsumsi 2018. 

Bertempat di Drop Off Yudhistira Artos Mall Magelang, acara resmi dibuka Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Suryo Banendro, Selasa (27/11). Festival kali ini diikuti 29 pelaku usaha yang sudah bersertifikat dari berbagai wilayah di Jawa Tengah dengan dua kategori, yaitu Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) sejumlah 15 kelompok dan Prima 3 sebanyak 14 kelompok.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menyerahkan Sertifikat Prima 3 kepada perwakilan masing-masing kelompok yang berpartisipasi dalam festival kali ini dan dilanjutkan tinjauan lokasi ke seluruh stand peserta lomba. 

"Festival ini merupakan acara tahunan yang digelar di Jawa Tengah dan bertujuan untuk lebih memperkenalkan produk lokal ke seluruh dunia karena sudah banyak produk lokal kami yang diekspor ke berbagai belahan wilayah di dunia, diantaranya Singapura, Amerika, dan Arab Saudi," ungkap pria yang akarab disapa Gus Yasin ini. 

Berbagai jenis produk dilombakan dalam festival ini, diantaranya beras merah, beras hitam, jagung, tomat, dan buah-buahan mulai dari duku, salak, manggis, belimbing, jambu biji, hingga durian yang berasal dari berbagai wilayah di Jawa Tengah. 

"Perlombaan tidak hanya dinilai dari hasil akhir saja, namun juga dari proses penanaman, pengolahan hingga menjadi produk yang siap dan layak dipasarkan," tandas Gus Yasin.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan secara seksama dengan mengacu pada ketentuan yang telah ditetapkan, hasil penilaian dewan juri memperoleh enam besar nilai tertinggi.

Kategori produk PSAT, Gapoktan Sekar Langit Kabupaten Magelang berada di urutan keenam, menyusul urutan 1 UD Sari Buana Kabupaten Rembang; urutan 2 CV Sinta Rama Tegal; urutan 3 Asosiasi Petani Organik Kabupaten Sragen; urutan 4 diraih Beji Makmur Kabupaten Wonogiri; dan urutan 5 Apolli Kabupaten Boyolali. 

Salah satu peserta, Cahyono mengungkapkan dirinya senang dapat mengikuti Festival Pangan Bermutu dan Aman Konsumsi kali ini, sebab melalui kegiatan ini produk yang telah bersertifikat dapat lebih luas memasarkan produknya di berbagai wilayah. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar