Fasilitas Dua Gedung Di Gulon Siap Digunakan Untuk Isolasi Terpusat

Dilihat 1344 kali
Gedung Klinik dan Laboratorium Kebencanaan Undip di Kecamatan Salam Kabupaten Magelang.
BERITAMAGELANG.ID - Mengantisipasi peningkatan jumlah kasus penularan, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang mempersiapkan dua lokasi gedung Isolasi Terpusat. 

Juru Bicara Satgas Penangan Covid 19 Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, selain Rumah Sakit Daerah, isolasi mandiri di rumah masyarakat, Satgas juga mempersiapkan dua gedung isolasi terpusat di Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Laboratorium Kebencanaan Universitas Diponegoro. Kedua lokasi isolasi terpusat itu berada di wilayah Desa Gulon Kecamatan Salam Kabupaten Magelang. 

Menurut Nanda peruntukan kedua gedung itu sebagai antisipasi jika jumlah kasus covid-19 semakin meningkat di Kabupaten Magelang. 

"Untuk kapasitas di Pustu Gulon Salam baru 13 tempat tidur, sedangkan Laboratoium Undip untuk tim medis," kata Nanda, Senin (21/12/2020).

Gedung Laboratorium Undip itu semula diperuntukan untuk Tempat Evakuasi Akhir (TEA) bencana erupsi Gunung Merapi untuk masyarakat dari Desa Kaliurang Kabupaten Magelang. Namun sesuai rekomendasi Balai Peneyelidikan Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dalam status Siaga saat Merapi saat ini Desa Kaliurang yang berada di Kawasan Rawan Bencana Merapi tidak direkomendasikan untuk mengungsi.

Rencananya Gedung Pustu akan digunakan untuk pasien covid-19 dengan gejala ringan yang tidak dapat melakukan isolasi mandiri. Sedangkan Gedung Laboratorium Kebencaan Undip dikhususkan bagi transit tim medis yang melayani pasien Pustu.

"Secepatnya bisa digunakan, saat ini sedang proses. Tim teknis sudah bekerja tinggal kita melakukan percepatan supaya dalam waktu dekat bisa dipergunakan," jelas Nanda.

Berdasar pantauan, sejumlah fasilitas tersedia di kedua gedung yang jauh dari pemukiman warga tersebut seperti jaringan listrik, bilik kamar, ruang periksa dan toilet terlihat layak mencukupi.

"Tim dari Kabupaten Magelang sudah melihat sini untuk persiapan tim medisnya," kata Juru Rawat Gedung Laboratorium Undip, Heri.

Heri mengungkapkan, fasilitas ruang pemeriksaan di dalam gedung Laboratorium Undip setiap saat juga digunakan oleh tim medis Undip untuk melayani masyarakat. Selain kelengkapan medis, mobil operasional juga telah tersedia.

Di bagian belakang gedung utama laboratorium terdapat empat toilet, ruang genset dan gudang besar. Gudang tersebut kini sudah disekat untuk bilik-bilik kamar lengkap beserta lampu penerangan. 

Selain fasilitas tersebut, terdapat tanah lapang yang dapat digunakan untuk mendirikan tenda dapur umum maupun tempat berolahraga.

"Ini sudah dipersiapkan untuk kebutuhan jika Kabupaten akan menggunakannya," ujar Heri.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar