Event G20 Jadi Berkah Pengelola Homestay Sekitar Borobudur

Dilihat 1056 kali
Event G20, homestay di wilayah Kecamatan Borobudur laku dipesan oleh instansi dan pengunjung luar daerah.

BERITAMAGELANG.ID - Pelaksanaan event internasional Group of Twenty atau G20 yang digelar di kawasan Candi Borobudur Kabupaten Magelang pada 11-13 September 2022 membawa rezeki tersendiri, khususnya bagi warga pengelola homestay.


Kepala Desa Wanurejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, Edy Suryantono, mengatakan, banyak yang memesan homestay di wilayahnya untuk keperluan mengikuti kegiatan tersebut.


"Di Desa Wanurejo sendiri ada banyak homestay yang dikelola oleh masyarakat, yang mana saat ini sudah mulai ramai, dan dalam event G20 ini bisa dikatakan mampu mendongkrak tingkat penyewaan homestay karena merupakan event internasional," terang Edy, Senin (12/9/2022).


Menurut Edy, keberadaan homestay di Desa Wanurejo tidak lepas dari program pemerintah yaitu bantuan homestay Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, yang memberikan bantuan renovasi. Selama pandemi, tingkat hunian homestay merosot tajam, hal tersebut berbarengan dengan program KSPN yang memberikan bantuan homestay.


"Sekarang jumlah homestay tambah banyak di wilayah Desa Wanurejo, dan siap mendukung pariwisata di wilayah Borobudur," papar Edy.


Salah satu warga pemilik homestay di Dusun Brojonalan Desa Wanurejo Borobudur, Mei Aman Efendi, mengatakan, harga sewa homestay satu malam bervariasi dan masih terjangkau. Mulai dari Rp400 ribu, hingga Rp500 ribu.


"Ada event G20 saya sendiri tidak menaikan tarif homestay, meskipun memang ramai. Yang menginap rata-rata instansi atau lembaga pemerintah dan swasta luar kota.


Sebelumnya banyak juga yang kesulitan mencari tempat menginap saat kegiatan G20 nanti, karena sudah penuh semuanya," ungkap Mei.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar