Empat Pasien Positif Sembuh, Tiga Dari Mertoyudan

Dilihat 1950 kali
ilustrasi antara news.com

BERITAMAGELANG.ID - Empat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, dinyatakan sembuh setelah hasil swabnya dinyatakan negatif Minggu (23/8/2020). Tiga diantaranya merupakan warga Kecamatan Mertoyudan. Satunya berasal dari Kecamatan Kaliangkrik. Hanya saja, hari ini ada satu tambahan positif yang merupakan alih status dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Ia adalah warga Kecamatan Grabag.


"Tiga warga Mertoyudan yang sembuh itu, meliputi laki-laki usia 25 dan 16 tahun serta perempuan usia 23 tahun. Ketiganya terpapar Covid-19 karena kontak erat dengan pasien positif sebelumnya. Sedang satu lagi, adalah warga Kaliangkrik, usia 27 tahun. Sebelumnya ia dirawat di Rumah Sakit Budi Rahayu Kota Magelang. Sedang tambahan satu pasien positif, adalah seorang laki-laki usia 65 tahun. Ia adalah petani dan saat ini dirawat di RS Soerojo. Untuk riwayatnya, masih dalam pencarian (tracing)," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Dengan tambahan satu baru dan tiga sembuh itu, kata Nanda, jumlah kumulatif pasien positif ada 237 orang. Rinciannya, 14 dirawat, 26 menjalani isolasi mandiri, 181 sembuh dan tujuh meninggal. "Untuk pasien positif ini, Kecamatan Mertoyudan masih yang paling banyak warganya terpapar covid-19, yakni ada 14 orang. Di urutan kedua, Kecamatan Salaman dan Kaliangkrik dengan masing-masing enam pasien," lanjutnya.


Untuk PDP, hari ini ada satu tambahan dari Kecamatan Mertoyudan. Selain itu ada satu PDP yang alih status menjadi konfirmasi positif dari Kecamatan Grabag. "Dengan tambahan satu PDP baru itu, jumlah akumulasinya menjadi 443 orang. Rinciannya, 18 dirawat, 370 sembuh dan 55 meninggal. Untuk orang dalam pemantauan (ODP), hari ini ada satu yang lolos pantau. Sehingga untuk saat ini, ODP yang dipantau tinggal lima orang," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar