Eksotiknya Wisata Air Terjun Kadung Kayang Tawarkan Kedamaian

Dilihat 2343 kali
Obyek wisata alam air terjun Kedung Kayang Sawangan Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Salah satu air terjun yang masih cukup asri dan cantik adalah Kedung Kayang di Dusun Ngagrong, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang Jawa Tengah.


Berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu, kesegaran air dan kesejukan udara menjadi dua hal yang akan didapatkan di sana.


Berwisata ke air terjun Kedung Kayang menjadi salah satu aktivitas wisata menantang yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan.


Air terjun Kedung Kayang sudah dibangun, namun dibiarkan tetap alami. Akses ke lokasi juga mudah dengan fasilitas pendukung lengkap. Destinasi air terjun Kedung Kayang kini menjadi obyek wisata yang selalu diserbu wisatawan ketika hari libur.


"Di sini, kita mendapat ketenangan. Aksesnya juga mudah dijangkau," kata salah satu wisatawan, Fairus.


Air Terjun Kedung Kayang bisa ditempuh kendaraan melalui jalan utama Boyolali-Magelang. Tiket masuk sebesar Rp 4.000 dan tarif parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor. Perjalanan menuju air terjun dilakukan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak cor sekitar 15 menit.


Pengelola wisata air terjun Kedung Kayang terus berinovasi. Sejumlah wahana baru dibuat dengan melibatkan warga setempat.


"High Climbing, restoran, hiking, camping, homestay dikoordinir oleh Pemdes di tanah pribadi warga sebagai pemberdayaan," kata Pengelola wisata air terjun Kedung Kayang, Singgih.


Singgih mengatakan, jumlah pengunjung di akhir pekan mencapai 1.000 lebih wisatawan.


"Hingga pertengahan tahun 2019 tercatat 54 persen dari target 45 juta wisatawan. Sudah kisaran 25 juta lebih pengunjung," kata Singgih.


Panorama lain dari air tejun yang berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini adalah suasana sunrise atau matahari terbit.


"Dari sini bisa melihat matahari terbit di antara Gunung Merapi dan Merbabu. Wisatawan sunrise setiap pagi sekitar ratusan," ungkap Singgih.


Karena akses mudah, wisata alam air terjun Kedung Kayang layak menjadi agenda wisata keluarga.


Jika berkunjung menikmati Kedung Kayang jangan lupa menjaga kebersihan karena spot menarik dan warung makanan yang bertebaran akan memanjakan wisatawan sehingga betah berlama-lama.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar