Ekosistem Ekonomi Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas Harus Diwujudkan

Dilihat 298 kali
Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia menjadi pembicara kunci dalam Lokakarya dengan tema “Disabilitas Berdaya dalam Kewirausahaan" yang digelar di Nakula Sadewa Edupark, Kabupaten Magelang, Jumat (13/11/2020).

BERITAMAGELANG.ID -  Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia menjadi pembicara kunci dalam Lokakarya dengan tema “Disabilitas Berdaya dalam Kewirausahaan” yang digelar di Nakula Sadewa Edupark, Kabupaten Magelang, Jumat (13/11/2020).


Angkie mengatakan, lokakarya ini merupakan rangkaian Hari Disabilitas Internasional. Kabupaten Magelang menjadi tempat kegiatan karena daerah ini telah melakukan program nyata dalam pemenuhan hak penyandang disabilitas.


“Kami mengapresiasi Kabupaten Magelang karena melihat banyak indikator sebagai daerah yang terus melakukan program nyata dalam pemenuhan hak penyandang disabilitas,” katanya.


Program yang telah dilaksanakan, diantaranya rehabilitasi sosial berbasis keluarga sebagai bentuk pemberdayaan penyandang disabilitas dalam hal kemampuan berwirausaha sesuai potensi masing-masing. Kemudian juga pelatihan literasi edukasi keuangan UMKM kepada penyandang disabilitas dalam rangka meningkatkan kemandirian penyandang disabilitas dalam beraktivitas. 


Spirit inklusivitas inilah yang harus menjadi contoh bagi provinsi dan kabupaten/kota lainnya di seluruh Indonesia agar terwujudnya visi misi Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan Indonesia Maju pada 2045. Dimana strategi pembangunan SDM nya adalah layanan dasar dan perlindungan sosial yang mencakup semua kalangan, peningkatan pendidikan dan pelatihan vokasi, stimulasi iptek dan inovasi, dan pembangunan karakter.


“Dengan semangat inklusivitas inilah, program-program yang terwujud nantinya akan dapat berorientasi pada penghormatan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, yang berdampak pada peningkatan produktivitas mereka,” harapnya.


Lokakarya kali ini merupakan ketiga dan terakhir kalinya dalam rangkaian kegiatan di DIY dan Jawa Tengah. Dipandu oleh mantan Jurnalis Televisi Riga Dhanniswara, lokakarya  ini menghadirkan Sulastri seorang wirausahawan penyandang disabilitas, Analisa Widyaningrum, psikolog dan inspirator muda, serta Jatmiko, direktur Balkondes Magelang.


Acara berlangsung menarik dan mendapat apresiasi dari peserta yang hadir. Mereka merupakan penyandang disabilitas, pegiat disabilitas inklusi dan anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar