Dusun Parakan Borobudur Bentuk Lumbung Pangan

Dilihat 149 kali
Pembagian bantuan beras di Dusun Parakan, Desa Ngargogondo, Borobudur

BERITAMAGELANG.ID - Apa yang dilakukan warga Dusun Parakan, Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, patut diapresiasi. Sebelum dampak korona meluas seperti sekarang ini, beberapa minggu lalu, mereka membentuk lumbung pangan. Tujuannya agar warga tetap bisa mencukupi kebutuhan pangannya.


Berawal dari keluhan beberapa warga yang terkena PHK akibat Korona saat pertemuan rutin warga, mereka kemudian membuat lumbung pangan menggunakan dana kas dusun dan donatur dari sejumlah pihak termasuk gotong royong warga yang mampu di dusun tersebut. 


Sejak pertemuan itu, warga kemudian membeli beras untuk dibagikan kepada sekitar 90 KK yang dinilai sangat membutuhkan. 


"Hari ini tahap pertama kami distribusikan beras untuk sekitar 90 KK. Masing-masing KK, mendapat 5 kg. Rencana ada tiga tahap pembagian. Tahap kedua menjelang lebaran dan setelah lebaran," kata Kepala Dusun Parakan, Rosid, di sela pembagian bantuan beras, Minggu (3/5/2020).


Disampaikan Rosid, mayoritas warga di wilayahnya bekerja sebagai petani, pedagang asongan di Candi Borobudur dan beberapa di sektor lain. Saat ini, banyak diantara mereka tidak bekerja karena diberhentikan dari tempat kerjanya (PHK) ataupun dirumahkan karena perusahaan tempat kerjanya sementara tutup. 


"Berawal dari keluhan sejumlah warga itulah, kegiatan ini kami adakan. Karena bantuan dari pemerintah, hingga saat ini belum turun. Padahal warga sudah tidak memiliki beras," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar