Dukung Kampanyekan Pariwisata Bersih BOB Bantu Gerorbak Sampah

Dilihat 708 kali
Penyerahan bantuan gerobak sampah oleh BOB kepada masyarakat untuk mendukung wisata Borobudur bersih

BERITAMAGELANG.ID - Sebagai wujud mendukung kampanye kebersihan lingkungan. Badan Otorita Borobudur (BOB) memberikan bantuan puluhan gerobag sampah kepada Bank Sampah Sektoral (BSS) Kalpataru Desa Borobudur Kabupaten Magelang Kamis (22/09/2022). 

Direktur Utama BOB, Indah Juanita mengatakan Pemberian bantuan gerobag sampah tersebut diharapkan selain sebagai wujud nyata dalam mendukung kampanye kebersihan lingkungan juga diharapkan mendukung kebersihan di wilayah otoritatif.

"Ada 10 gerobak ampah yang diserahlan ke BSS Kalpataru Borobudur. Diharapkan ini menjadi percontohan dalam kerjasama dengan pihak lain untuk ditempat-tempat yang lain," kata Indah usai acara penyerahan bantuan gerobak sampah di Balkondes Borobudur Desa Ngaran Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang Kamis sore.

Dijelaskan Indah, kampanye kebersihan lingkungan, sanitasi, dan keberlanjutan lingkungan menjadi isu penting yang diangkat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hal ini sebagaimana amanat Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut yang berimplikasi langsung ke penanganan sampah di 5 DPSP.

Selain itu, lanjutnya, pada tingkat daerah BOB juga berkolaborasi dengan Dinas-dinas terkait, akademisi dan masyarakat telah memulai berbagai kegiatan untuk mendukung kampanye kebersihan destinasi pariwisata bersih.

Sementara itu, salah satu program yang digagas untuk mendukung kampanye ialah lomba sayembara desain poster. Fokusnya pada tema pariwisata bersih dan berkelanjutan. 

Pada kesempatan tersebut juga dirilis 5 penenang juara sayembara poster destinasi pariwisata bersih. Poster-poster ini nantinya akan dipasang di baliho-baliho di titik-titik strategis di jalan raya di wilayah kerja BOB. Keberadaan poster visual itu merupakan salah satu bentuk kampanye lingkungan yang dapat diterima oleh masyarakat.

Lebih lanjut Indah berharap adanya poster ajakan kebersihan dan ditambah dengan pemberian gerobak sampah dapat menjadi sarana tepat untuk meraih kesuksesan pengelolaan sampah di destinasi wisata.

"Tujuannya untuk selalu mengingatkan masyarakat luas tentang kebersihan destinasi pariwisata," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar