Tiga Pasien Sembuh dari Covid-19, Dua Diantaranya Warga Mertoyudan

Dilihat 2321 kali
ilustrasi antaranews.com

BERITAMAGELANG.ID - Tiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang Senin (14/9/2020), dinyatakan sembuh setelah hasil swabnya dinyatakan negatif. Dua diantaranya perempuan warga Kecamatan Mertoyudan dan seorang laki-laki warga Ngluwar. Untuk hari ini, tidak ada (zero) penambahan pasien positif. Total akumulasi pasien positif hingga saat ini, ada 342 orang. Rinciannya, 17 dirawat, 60 menjalani isolasi mandiri, 255 sembuh dan 10 meninggal.


"Untuk tiga pasien positif yang sembuh itu, terdiri dari dua perempuan usia 27 dan 50 tahun warga Mertoyudan. Satunya seorang laki-laki usia 52 tahun warga Ngluwar. Kita berdoa bersama, semoga semakin banyak yang sembuh dan tidak ada lagi penambahan kasus covid-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Untuk peta sebaran per kecamatan, lanjut Nanda, saat ini ada 17 dari 21 kecamatan yang warganya telah terpapar Covid-19 diwilayah ini. Paling banyak Kecamatan Mertoyudan dengan 23 orang. Kemudian Kecamatan Windusari ada 11 orang, disusul Grabag, Secang dan Borobudur, yang masing-masing berjumlah 9, 6 dan 5 orang. Selanjutnya, Kecamatan Mungkid dan Ngluwar dengan 4 dan 3 orang. Untuk Kecamatan Salaman, Muntilan, Tempuran, Ngablak, Kaliangkrik dan Pakis, masing-masing ada dua orang. "Untuk Kecamatan Srumbung, Kajoran, Candimulyo dan Bandongan, hanya ada satu pasien," jelasnya.


Sedang untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), saat ini ada 11 tambahan baru. Ia berasal dari Kecamatan Kajoran, Windusari, Tempuran dan Bandongan, masing-masing dua orang serta Kecamatan Muntilan satu orang. Meski demikian, saat ini juga ada empat pasien yang sembuh. Ia juga berasal dari Kecamatan Mertoyudan dua orang dan masing-masing satu orang dari Kecamatan Sawangan dan Ngablak. "Dengan tambahan 11 baru dan empat sembuh ini, jumlah akumulasinya menjadi 504 orang. Rinciannya, 19 dirawat, 426 sembuh dan 59 meninggal," lanjutnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar mentaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbub Kabupaten Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan. Diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar