Dua Warga Mertoyudan Kembali Positif Covid-19

Dilihat 4744 kali
Rumah Sakit Merah Putih Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Kabupaten Magelang, bertambah empat orang pada Selasa (25/8/2020). Dua diantaranya dari Kecamatan Mertoyudan, dan masing-masing satu orang dari Kecamatan Muntilan dan Sawangan. Meski demikian, hari ini ada lima pasien positif yang sembuh. Empat diantaranya berasal dari Kecamatan Kaliangkrik dan satu dari Kecamatan Mertoyudan.


Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, dua tambahan pasien positif dari Mertoyudan itu, keduanya perempuan. Meliputi, perempuan usia 12 tahun dan terpapar dari pasien positif yang menjalani isolasi mandiri sebelumnya. Sedang satunya, seorang perempuan usia 80 tahun. "Ia sekarang dirawat di RSUD Tidar. Untuk dua tambahan positif lainnya, terdiri dari seorang laki-laki warga Muntilan. Ia terpapar karena kontak dengan anak yang pulang pergi dari Jakarta. Sedang satunya, juga seorang laki-laki warga Sawangan dan saat ini dirawat di RSUD Muntilan," katanya.


Selain ada tambahan empat baru dan lima sembuh itu, kata Nanda, hari ini juga ada tambahan satu positif meninggal. Ia adalah laki-laki usia 61 tahun, asal Kecamatan Muntilan. "Almarhum sebelumnya berstatus PDP dan meninggal tanggal 20 Agustus kemarin. Riwayat kontak tidak jelas. Sehingga untuk saat ini, jumlah kumulatif pasien positif ada 244 orang. Rinciannya, 13 dirawat di rumah sakit, 26 menjalani isolasi mandiri, 187 sembuh dan delapan orang meninggal. Untuk orang dalam pemantauan (ODP), saat ini ada 11 yang masih dalam pemantauan," lanjutnya.


Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada 9 baru. Tiga diantaranya dari Kecamatan Borobudur, masing-masing dua orang dari Kecamatan Salaman dan Mertoyudan serta satu orang dari Kecamatan Mungkid dan Salam. Selain itu juga ada tiga PDP yang alih status menjadi positif. Mereka berasal dari Kecamatan Mertoyudan, Muntilan dan Sawangan. Meski demikian, ada lima PDP yang sembuh. "Dua dari Kecamatan Secang, dan masing-masing satu dari Kecamatan Grabag, Kajoran dan Tegalrejo. Untuk PDP ini, jumlah kumulatifnya menjadi 479 orang. Terdiri dari 19 dirawat, 376 sembuh dan 54 meninggal," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar