Dua Titik Kebakaran Melanda Hutan Gunung Merbabu

Dilihat 74 kali
Personil gabungan di kebaran TNG Merbabu, Selasa (10/9)

BERITAMAGELANG.ID - Kebakaran melanda Hutan Taman Nasional Gunung (TNG) Merbabu, Selasa (10/9).


"Dua titik api terlihat pertama kali pukul 14.00 WIB di hutan Taman Nasional Gunung Merbabu wilayah Kabupaten Magelang," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto, Selasa (10/9).


Kebakaran tersebut, lanjut Edy, berada pada lokasi berbeda, yakni wilayah Desa Gondangsari dan Desa Kenalan, Kecamatan Pakis.


"Titik pertama berada di Dusun Babadan, Desa Gondangsari, Kecamatan Pakis dengan luas area terbakar sekitar 500 meter persegi. Titik kedua di Dusun Kesingan, Desa Kenalan, Kecamatan Pakis, dengan luas area terbakar 2 Ha," terang Edy.


Upaya penanganan langsung dilakukan oleh tim gabungan.  Mereka terbagi dalam dua regu yang bergerak ke lokasi untuk memadamkan kobaran api.


"Pada Pukul 16.00 WIB titik api tersebut berhasil dipadamkan oleh tim gabungan dari TNG Merbabu, Masyarakat Peduli Api (MPA), Siswa PKL SMK Kehutanan Manokwari dan warga sekitar," ungkapnya.


Lokasi kebakaran merupakan bagian lereng yang terdiri dari vegetasi rumput dan alang-alang kering.


Hingga kini, penyebab kebakaran belum diketahui dan setelah melakukan penyisiran, semua personil bersiaga mengantisipasi kembali munculnya titik api.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar