Dua Pasien Positif Dari Mertoyudan, Sembuh

Dilihat 1873 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, ada dua orang dinyatakan sembuh setelah hasil swab keduanya dinyatakan negatif, Senin (27/7/2020). Kedua pasien tersebut, berasal dari Kecamatan Mertoyudan. Meski demikian, hari ini ada satu tambahan pasien positif. Yakni seorang laki-laki berusia 31 tahun berasal dari Kecamatan Mertoyudan.


"Untuk tambahan satu pasien positif ini, memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi. Hal ini diketahui berdasarkan hasil swab tanggal 23 juli kemarin di RS Bhayangkara Semarang. Saat ini, yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari gugus tugas kabupaten dan satgas kecamatan serta desa," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Untuk dua pasien positif sembuh ini, lanjut Nanda, seorang berjenis kelamin laki-laki berusia 25 tahun. Satu lagi berjenis kelamin perempuan, berusia 22 tahun. "Keduanya merupakan tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dan semuanya warga Kecamatan Mertoyudan. Dengan tambahan satu positif baru dan dua orang sembuh ini, jumlah akumulasi pasien positif ada 160 orang. Terdiri dari enam dirawat di rumah sakit, seorang menjalani isolasi mandiri, 147 sembuh dan enam orang meninggal," lanjutnya.


Sementara untuk pasien dalam pengawasan (PDP), hari ini ada tambahan lima pasien. Tiga diantaranya berasal dari Kecamatan Muntilan dan masing-masing satu orang dari Kecamatan Mertoyudan dan Borobudur. Meski demikian, ada satu PDP yang dinyatakan sembuh. Ia merupakan warga Kecamatan Dukun. "Untuk jumlah kumulatif PDP hingga saat ini, ada 335 orang. Rinciannya, 12 dirawat, 281 sembuh dan 42 meninggal. Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), hari ini ada tiga orang lolos pantau. Dengan adanya tiga orang yang lolos pantau ini, jumlah ODP yang dipantau ada 11 orang," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar