Pasar Kaponan Terbakar, Bupati Magelang Tinjau Lokasi

Dilihat 1113 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP kunjungi pedagang Pasar Kaponan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang, Senin (31/12)

BERITAMAGELANG.ID - Pasar Kaponan di Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terbakar, Senin (31/12). Bupati Magelang, Zaenal Arifin, SIP bergerak cepat bersama Forkopimda Kabupaten Magelang langsung meninjau lokasi kebakaran di hari yang sama.

 

"Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang turut prihatin atas musibah kebakaran yang sudah menghabiskan sekitar 57 kios, di dua los Pasar Kaponan pada pukul 02.00 WIB dini hari tadi. Tentunya kami sebagai pemerintah saat melihat situasi ini akan melakukan langkah-langkah agar kondisi sosial ekonomi tentunya bisa segera pulih kembali," ujar Bupati saat menemui para pedagang yang kiosnya terdampak kebakaran.

 

Sebagai langkah penanganan, Bupati memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) dan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop UKM) Kabupaten Magelang membangun pasar sementara agar bisa menampung para pedagang, sehingga tetap bisa melakukan aktivitas ekonomi di Pasar Kaponan.

 

"Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM, Pak Asfuri akan segera melakukan pendataan terhadap pedagang yang terdampak musibah ini. Dan dari data tersebut kita akan memberikan bantuan sosial. Kemudian Kepala DPU juga akan melakukan pendataan terkait luas area yang terdampak kebakaran tersebut, agar dapat segera dibuatkan pasar sementara," jelasnya.

 

Bupati mengaku juga telah berkoordinasi dengan Kepala Pasar agar para pedagang yang terdampak kebakaran dapat segera beraktivitas kembali.

 

"Dari data yang telah kami dapatkan, terdapat sekitar 57 kios yang terdampak kebakaran, terdiri dari 29 kios klontong, dan 28 kios daging. Kami juga masih menunggu laporan dari aparat Kepolisian terkait penyebab kebakaran tersebut. Harapan kami agar para pedagang di Pasar Kaponan ini tidak terus patah semangat, namun dapat segera bangkit sehingga roda ekonomi dapat terus berjalan," pungkas Zaenal.

 

Hingga berita ini diunggah, belum diketahui pasti penyebab kebakaran Pasar Kaponan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar