Intens Diguyur Hujan, Sejumlah Bencana Landa Kabupaten Magelang

Dilihat 1609 kali
Dampak hujan tiada henti bencana angin kencang dan longsor di sejumlah wilayah di Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang Jawa Tengah porak-poranda akibat bencana tanah longsor dan angin kencang paska hujan deras yang mengguyur dua hari ini.


"Musibah angin kencang melanda wilayah Kecamatan Salaman pada Kamis (08/03) sore. Wilayah terdampak yakni Dusun Kedung Kepis, Desa Sidomulyo dan tiga dusun di Desa Banjarharjo, yakni Dusun Bojong, Prembangan, dan Banjaran," terang Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Magelang Didik Wahyu Nugroho kepada BeritaMagelang.id, Jumat (09/03) pagi.


Upaya penanganan langsung dilakukan BPBD Kabupaten Magelang bersama warga dan Relawan dengan memotong dahan pohon yang tumbang dan memberi bantuan logistik terhadap korban terdampak angin kencang tersebut.


"Dari pendataan, sedikitnya ada 15 rumah warga dari dua desa di kecamatan Salaman tersebut mengalami rusak pada bagian dinding dan atapnya. Satu kepala keluarga terpaksa mengungsi di rumah orang tuanya," sambung Didik.


Sementara itu, selain bencana angin kencang, dampak dari hujan deras selama dua hari, Rabu dan Kamis (07-08/03) juga mengakibatkan bencana tanah longsor di wilayah Desa Mangli Kaliangkrik, Desa Wuwuharjo Kajoran, dan Desa Giritengah Borobudur.


Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Tanah longsor yang menutup akses jalan antar desa juga sudah terkondisikan oleh warga dibantu personil BPBD, Damkar, dan Relawan. Sedangkan upaya pembenahan atap rumah yang diterbangkan angin dilakukan Jumat (09/03) pagi ini oleh warga setempat


"Selain selalu memantau perkembangan cuaca, hingga saat ini pihaknya masih mendata jumlah kerugian yang ditimbulkan oleh bencana tersebut," ungkap Didik.
 


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar