Drumband AKMIL Meriahkan Karnaval Budaya Muntilan

Dilihat 3993 kali
Penampilan Drumband Akmil Magelang, yakni Genderang Suling Canka Lokananta (GSCL) memukau ribuan penonton yang memadati sepanjang Jalan Pemuda Muntilan

BERITAMAGELANG.ID - Karnaval Budaya Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, menampilkan Drumband kebanggaan Taruna dan Taruni  Akademi Militer (Akmil) Magelang, yakni Genderang Suling Canka Lokananta (GSCL), untuk memperingati HUT ke 74 Kemerdekaan RI, Minggu (25/8).


Penampilan Drumband Akmil, begitu memukau ribuan penonton yang memadati Jalan Pemuda Muntilan sepanjang 2.000 meter, mulai dari Tugu Besi hingga Panggung Kehormatan di depan Kantor BRI. Selain drumband Akmil, tampil juga pasukan pembawa bendera merah putih, kesenian tradisional  serta peserta yang terdiri dari siswa SD, SMP hingga SMA.


Dari 79 perserta karnaval, ada yang mengusung tema lingkungan, seperti penampilan siswa-siswi SDN 3 Muntilan, mereka menggunakan pakaian yang terbuat dari limpah plastik, kertas dan lainnya, karena mereka memanfaatkan kekayaan alam yang ada di sekitar, seperti daun pelepah pisah sebagai aksesoris, sehingga penampilannya cukup mendapat perhatian dari Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana. 


Edi menjelaskan, event tahunan memperingati HUT Kemerdekaan RI, merupakan wahana untuk menampilkan kreativitas masyarakat, mulai dari siswa hingga guru. Untuk itu, karnaval ini tidak hanya sekedar serimonial saja, tetapi ada nilai tambah yang bisa ditampilkan.


"Kami berharap, karnaval tahunan ini mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat, baik prestasi para siswa sekolah maupun kerajinan dan lainnya, sehingga ada nilai tambah yang dapat ditampilkan untuk masyarakat luas," ujar Edi Cahyana.


Menurut Edi, selain menampilkan kreativitas, memperingati Kemerdekaan RI, merupakan upaya meningkatkan rasa nasioalisme terhadap negara, dan memupuk  toleransi antar umat beragama.


"Karena karnaval budaya ini tidak memandang suku, ras maupun agama, semua membaur untuk membangun Indonesia lebih baik," tandasnya.


Sekcam Muntilan, Amin Sudrajat melaporkan, Karnaval Bupaya Memperingati HUT ke 74 Kemerdekaan RI ini, sekaligus sebagai ajang tali silaturrahmi antara pemeritah dengan masyarakat, meningkatkan rasa nasionalisme dalam berbangsa, dan bisa membawa manfaat bagi masyarakat luas.


"Sebanyak 79 perseta karnaval budaya, terdiri dari siswa PAUD, SD, SMP hingga SMA, termasuk kelompok kesenian tradisional, seperti topeng ireng, jatilan dan drumband para siswa, pencak silat, hingga mobil hias dan lainnya," ujar Sekcam.


Turut hadir di panggung kehormatan, Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono, Wakapolres Magelang, Kompol Eko Mardiyanto, Sekda Kabupaten Magelang Magelang Adi Waryanto dan Plt. Camat Muntilan, Jawawi.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar