Jelang Lebaran, Pasokan Gas Elpiji Diusulkan Naik

Dilihat 2008 kali
Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana menyerahkan bantuan sembako untuk UMKM dari PT Pertamina dan DPC Hiswana Migas Kedu.
BERITAMAGELANG.ID - DPC Hiswana Migas Kedu, menyiapkan langkah antisipasi terkait lonjakan permintaan gas elpiji baik yang non maupun yang bersubsidi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Termasuk juga BBM. Mereka mengusulkan ada penambahan sekitar 5 hingga 7 persen dari hari biasa. 

"Kewenangan kami hanya mengusulkan, disetujui atau tidak itu menjadi kewenangan pemerintah daerah dan Pertamina," kata Ketua DPC Hiswana Migas Kedu, Sutarto Murti Utomo, di sela penyerahan bantuan sembako untuk 400 pelaku UMKM di Kecamatan Salaman dan Mungkid, Rabu (13/5/2020).

Disampaikan Sutarto, tahun ini jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana permintaan gas elpiji maupun BBM saat ini justru masih stabil.

Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, saat seperti ini atau mendekati hari raya sudah ada peningkatan. Baik elpiji maupun BBM. Namun saat ini, justru stabil dan cenderung menurun.

"Tapi mungkin ini akibat korona. Dimana banyak umkm yang libur tidak produksi, di sisi lain ada kebijakan pemerintah untuk tidak mudik, bekerja, belajar dan beribadah dirumah. Akibatnya, serapan BBM dan elpiji menurun," ungkapnya.

Hal ini juga diakui Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana.

"Untuk BBM justru menurun saat ini. Adanya korona ini sangat mempengaruhi pemakaian BBM. Dimana orang yang mudik dan keluar rumah menjadi berkurang. Yang justru perlu diantisipasi adalah elpiji," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, para pelaku UMKM di Kecamatan Salaman dan Mungkid menerima bantuan sebanyak masing-masing 200 orang per kecamatan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar