Kembangkan Kawasan Wisata, Angkasa Pura Salurkan Bantuan Bina Lingkungan

Dilihat 1660 kali
Penyaluran bantuan peralatan olahan kakao Balkondes Bigaran Borobudur oleh Angkasa Pura I

BERITAMAGELANG.ID - Transformasi dilakukan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Bigaran, Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Selain homestay, Balkondes binaan PT Angkasa Pura I (Persero) itu siap memproduksi olahan coklat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Romza Ernawan, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang menyampaikan apresiasi kepada PT Angkasa Pura I (Persero) atas kontribusi dan bantuan yang telah diberikan sampai saat ini khususnya di wilayah pengembangan Balkondes Bigaran.


"Harapannya dapat memajukan perekonomian dan memberikan kontribusi pada masyarakat serta pengembangan daerah," kata Romza di acara penyerahan bantuan program Bina Lingkungan di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Bigaran, Borobudur, Kabupaten Magelang Jumat (22/11/2019).


Dalam kesempatan itu, secara simbolis diserahkan bantuan Rp 685.449.000,00 berupa pengadaan peralatan dan pembangunan ruang produksi kakao, serta bantuan pengadaan perlengkapan produksi cokelat sebesar Rp 565.095.000,00. Hal itu sebagai wujud komitmen PT Angkasa Pura I (Persero) melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.


General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan bantuan ini sebagai wujud komitmen BUMN untuk memajukan perekonomian masyarakat kawasan wisata Borobudur melalui CSRnya.


“Ini sudah menjadi tanggung jawab sosial kami sebagai BUMN. Balkondes Bigaran adalah desa wisata binaan yang merupakan wujud program Sinergi BUMN di kawasan Borobudur," kata Pandu Purnama.


Pada tahun 2017, lanjutnya, PT Angkasa Pura I (Persero) telah meyalurkan bantuan pembangunan Joglo dan fasilitas Balkondes, sebesar Rp 1 Miliar. Secara bertahap dan berkelanjutan, di tahun 2017 juga telah disalurkan bantuan homestay sebesar Rp 1,7 Miliar.


Sedangkan penyaluran bantuan hari ini, menurut Pandu Purnama, diharapkan menjadi kontribusi positif bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan melalui pengembangan usaha homestay, pembinaan potensi lokal, kuliner serta bentuk usaha lainnya.


“Sebagai etalase potensi kawasan desa wisata, pengembangan Balkondes Bigaran menjadi salah satu wujud dukungan PT Angkasa Pura I (Persero) dalam pengembangan pariwisata di sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah,” pungkasnya.


Sampai dengan saat ini, total bantuan yang telah disampaikan yaitu sebesar Rp 4,9 Miliar.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar