Distanpangan Kabupaten Magelang Bagikan Paket Sayur

Dilihat 311 kali
Antusias warga di sekitar wisata Candi Borobudur menerima bantuan ratusan paket sayur dari Distanpangan Kabupaten Magelang, Jumat (23/9/2022).

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpangan) Kabupaten Magelang membagikan 200 paket sayuran kepada masyarakat di sekitar wisata Candi Borobudur, Jumat (23/9/2022).


Kepala Distanpangan Kabupaten Magelang Romza Ernawan mengatakan pemberian bantuan sayuran itu untuk mengurangi beban masyarakat pasca-kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).


Selain itu, pembagian sayuran ini juga sebagai upaya agar tidak terjadi inflasi, dan daya beli masyarakat menurun karena di saat yang sama, harga komoditas sayuran selain cabe juga anjlog akibat hasil panen melimpah. 


"Kita hadir di masyarakat berkaitan dampak kenaikan BBM serta komoditas sayur yang saat ini harganya tidak bersahabat, di samping murah juga melimpah," kata Romza di sela kegiatan tersebut.


Dijelaskan Romza untuk tahap pertama ini, Distanpangan Kabupaten Magelang membagikan sebanyak 200 paket sayuran kepada pemilik warung makan, tukang becak, driver ojek online dan lain sebagainya. Ratusan paket sayuran yang dibagikan itu berisi sawi, kobis, tomat, brokoli, terong dan sayuran lainnya yang dinilai memiliki kandungan gizi yang cukup bagus untuk kesehatan masyarakat. 


"Kegiatan dari Pemerintah Kabupaten Magelang ini juga diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dalam pembiayaan rumah tangga dari dampak kenaikan BBM," ungkap Romza.


Terpisah, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang Ade Sri Kuncoro Kusumaningtyas mengungkapkan pada tahap pertama pembagian sayur ini pihaknya mengalokasikan anggaran TP Provinsi  Dirjen Hortikultura sebesar Rp15 juta serta bantuan Sarana Pemasaran Pasar Tani/ Pasar Lelang sebesar Rp65 juta.  


Untuk Kabupaten Magelang lokasi Pasar Lelang Tani berada di Kecamatan Ngluwar. Sedangkan untuk bantuan program pembelian sayuran petani tersebar di Jawa Tengah tersebar di 10 Kabupaten meliputi Cilacap, Magelang, Temanggung, Rembang, Purworejo, Brebes, Purbalingga, Banjarnegara, Grobogan dan Wonosobo.


Tahap pertama ini, lanjutnya, dianggarkan Rp5 juta, kemudian dilanjut tahap kedua Rp10 juta. Sehingga jumlah total anggaran Rp15 juta. Rencananya kegiatan ini akan berlanjut pada tahap kedua sekitar Oktober mendatang.


Menurut Ade, alokasi anggaran itu juga sebagai upaya membantu para petani yakni dengan membeli aneka seyuran hasil panen mereka secara langsung yang saat ini sedang memasuki masa panen raya. Guna kelancaran kegiatan pembagian sayur ini pihak Distanpangan Kabupaten Magelang bekerja sama dengan Asosiasi Pasar Tani.


"Alokasi anggaran ini bekerja sama dengan Asosiasi Pasar Tani dengan pembelian komoditas panen yang terdampak karena melimpahnya hasil panenan," jelas Ade.


Pembagian paket sayuran itu dilakukan di beberapa titik seperti halaman kantor Distanpangan Kabupaten Magelang, dan di tepi jalan kawasan obyek wisata Candi Borobudur. Sebagai syaratnya warga masyarakat cukup mendaftar dan menunjukan KTP secara langsung di lokasi.


Kegiatan pembagian aneka sayuran yang diangkut menggunakan mobil Asosiasi Pasar Tani terlihat disambut antusias oleh warga sekitar Candi borobudur. Mereka yang saat itu melintas beramai-ramai untuk antri dengan tertib.


"Seneng banget dapat sayuran. Bisa untuk memasak, terima kasih sekali," ungkap salah satu warga Borobudur, Ratih.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar