Disparpora Kabupaten Magelang Gelar Pelatihan Manajemen Homestay Sambut Era New Normal

Dilihat 147 kali
Pelatihan Manajemen Homestay/Pondok Wisata/Rumah Wisata Disparora Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID -- Mempersiapkan pelaku pariwisata memasuki masa tatanan normal baru, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Homestay/Pondok Wisata/Rumah Wisata di Atria Hotel Magelang. Sejumlah protokol kesehatan disosialisasikan agar para tamu bisa menginap dengan aman, nyaman dan sehat.


Kepala Disparpora Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso mengungkapkan fenomena pariwisata sekarang ini adalah atraksi, transportasi, dan kesehatan. "Untuk itu semua pelaku pariwisata diharapkan dapat menerapkan Clean Health and Save (CHS)," ungkap Iwan dalam pembukaan Pelatihan Manajemen Homestay Pondok wisata dan Rumah Wisata di Atria Hotel Magelang Selasa (28/7/2020).


Di masa pandemi ini, trend wisata yang berkembang adalah imunitas bukan intensitas. Pandemi Covid-19 juga menjadi indikasi seleksi alam di semua bidang. Dalam dunia usaha persaingan adalah hal yang lazim asal tidak saling mematikan.


"Tugas kami mensinergikan agar semua terjaga," tegas Iwan.


Pelatihan bagi 45 pengelola homestay di wilayah Kabupaten Magelang tersebut berlangsung selama tiga hari yakni 28-30 Juli 2020.


Sementara itu, Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang Nur Supindahwati mengatakan jika pihaknya sudah beberapa kali menggelar pelatihan bagi pelaku wisata. Namun kali ini pelatihan dilakukan berbeda dari sebelumnya karena para peserta akan mendapat pendampingan dari tim Disparpora Kabupaten Magelang.


"Setelahnya ada pendampingan sampai dua bulan ke depan sejauh mana implementasinya, ini yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya," kata Nur Supindahwati disela-sela kegiatan.


Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari praktisi dan akademisi lintas sektor. Nur Supindahwati menambahkan bahwa materi pokok pelatihan seperti pelayanan prima, manajemen konflik memasuki tatanan normal baru dengan berbagai kebiasaan baru, seperti memakai masker, menjaga jarak, menyiapkan hand sanitizer dan fasilitas cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.


Di Kabupaten Magelang terdapat 600 homestay dan selama masa pandemi Covid 19 mereka tetap buka meski sepi pengunjung.


Mereka diberi pelatihan tentang sembilan materi untuk transformasi pengelolaan homestay. "Harapannya setelah mengikuti pelatihan ini, mereka menjadi lebih professional dalam mengelola terutama menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19," jelasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar