Wayang Jadi Media Diseminasi Informasi Publik

Dilihat 1658 kali
Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Drs. Adi Waryanto menyerahkan tokoh wayang Werkudoro kepada Dalang Ki Radyo Harsono

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang bekerja sama dengan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) menyelenggarakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dalam kegiatan diseminasi informasi, di Pendopo Surya Gemilang, Radio Gemilang FM Muntilan, Sabtu (15/12).

Pagelaran menghadirkan dalang Ki Radyo Harsono, mengangkat lakon "Babat Alas Mertani". Pagelaran tersebut juga mengambil tema 'Menjaga Keberagaman Merajut Kerukunan dan Meneguhkan NKRI'.

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Drs. Adi Waryanto yang hadir mewakili Bupati Magelang mengatakan, sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, maka penyampaian informasi kepada masyarakat secara terbuka menjadi suatu keharusan.

"Berkaitan dengan implementasi keterbukaan informasi publik tersebut, Alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Magelang pada tahun 2018 ini memperoleh penghargaan dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Jawa Tengah tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Jawa Tengah, untuk Kategori Cukup Informatif, bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Pemerintah Kabupaten Magelang dan RSUD Muntilan," jelasnya.

Lebih lanjut Adi Waryanto menambahkan, Pemerintah Kabupaten Magelang memiliki beberapa program diseminasi atau penyebarluasan informasi publik.

"Yaitu melalui media 96,8 FM Radio Gemilang, media baru portal berita daerah Beritamagelang.id dan website Magelangkab.go.id. Secara aktif juga dilaksanakan penyebarluasan informasi publik melalui media tatap muka atau interpersonal, dan media luar ruang, baik yang berupa spanduk maupun baliho," paparnya.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang Drs. Sugiyono, M.si mengatakan bahwa dasar kegiatan ini juga Peraturan Menteri Kominfo RI Nomor 17 Tahun 2009 Tentang Diseminasi Informasi Nasional oleh Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

"Juga Program Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang Tahun 2018. Kegiatan dimaksudkan untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang  perlunya menjaga keberagaman, kerukunan dan persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sedangkan tujuannya adalah terwujudnya masyarakat Kabupaten Magelang yang aman, nyaman, maju  dan semakin sejahtera," ujarnya mengakhiri.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar