Diskominfo Ajak SKPD Lengkapi Layanan Smartcity Kabupaten Magelang

Dilihat 985 kali

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang melaksanakan kegiatan dalam rangka percepatan terwujudnya Smartcity. Langkah ini juga sebagai upaya koordinasi dan sinergi dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) guna mengoptimalkan layanan berbasis kota cerdas bagi masyarakat.

Salah satu tahapan Smartcity Kabupaten Magelang, Dinas Kominfo juga telah membuat Dashboard Bupati Magelang agar kinerja SKPD bisa selalu terpantau secara realtime.

"Target kita Dashboard Bupati sudah bisa beroperasi akhir 2018. Selanjutnya pada 2019 kami juga akan membangun Command Center yang bisa diakses publik," demikian disampaikan Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang Drs. Sugiyono, M.Si dalam acara Sosialisasi dan Percepatan Smartcity Kabupaten Magelang di Aula Kecamatan Mungkid, Selasa (11/12).

Di hadapan para Camat dan perwakilan SKPD, Sugiyono menuturkan, melalui layanan Dashboard tersebut, Bupati Magelang bisa mengakses berbagai informasi terkait kinerja SKPD, yang terbagi dalam beberapa kategori,  yakni Pariwisata, Harga pangan, Info kesehatan, Kepegawaian, Kependudukan, Penanaman modal, Pendidikan, Desa, Lingkungan hidup, CCTV, dan GIS (Geographic information system).

"Maka dari itu kami mengajak agar seluruh SKPD selalu mengupdate konten informasi yang ditampilkan di Dashboard Bupati tersebut, karena dari situ Bupati bisa mengakses berapa jumlah kamar kosong di rumah sakit, siapa dokternya dan jam berapa praktek nya.
Dari bidang pendidikan juga bisa melihat Dapodik, mulai dari jumlah guru, sekolah, dan jumlah siswa," jelasnya.

Ke depan, Diskominfo juga akan terus menambah fitur-fitur yang ditampilkan di Dashboard Bupati agar kontennya makin komprehensif.

"Agar Bupati bisa selalu memantau kinerja SKPD, maka SKPD bertanggung jawab penuh atas isi layanan Dashboard Bupati. Diskominfo hanya menyediakan ruang dan aplikasinya," tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Kominfo membuka kesempatan bagi para Camat dan SKPD lainnya untuk memberi masukan dan catatan mengenai layanan-layanan aplikasi yang sudah ataupun baru akan dibuat agar semuanya dapat ditampilkan dalam Dashboard Bupati dan diintegrasikan juga dalam aplikasi android Jelajah Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar