Dinas Perhubungan Akan Periksa Kelaikan Angkutan Lebaran

Dilihat 45 kali
Salah satu kendaraan angkutan barang melakukan uji KIR di Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Terkait kesiapan angkutan Lebaran, Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang akan jemput bola melakukan Ramp check di garasi PO bus maupun terminal kendaraan yang melayani angkutan lebaran.


Kegiatan Ramp check dilakukan secara gabungan dengan unsur TNI/Polri dan instansi terkait lainnya. Hal tersebut bertujuan agar kendaraan angkutan Lebaran aman dan nyaman mengangkut masyarakat dalam musim mudik Lebaran tahun ini.


"Nantinya kami akan melakukan Ramp check atau pemeriksaan kelaikan kendaraan bagi kendaraan angkutan Lebaran.


Ramp check akan dilakukan di garasi PO, dengan memeriksa rem, lampu dan lain-lain apakah layak jalan atau tidak. Pemeriksaan juga dilakukan di terminal," ujar Kabid Teknik, Sarana dan Prasarana Masyarakat pada Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang, Ismail Deu, Senin (13/5) di kantornya. 


Sementara itu, berdasarkan pantauan Berita Magelang, kendaraan angkutan yang mengikuti uji KIR di Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang mengalami penumpukan, hal tersebut dikarenakan terbatasnya petugas yang melayani uji KIR.


Ismail menyebutkan, setiap hari pihaknya melayani hingga 70 kendaraan untuk uji KIR, meskipun setiap hari pendaftarnya bisa lebih dari 100 kendaraan angkutan.


"Efektif 70 kendaraan setiap harinya, karena pasti akan ditambah dengan kendaraan yang melakukan uji kembali sekitar 15 kendaraan.


Hampir tidak ada bedanya antrean kendaraan uji kir, pada Ramadhan ini dengan bulan sebelumnya, alias normal tidak ada lonjakan. Karena setiap kendaraan punya batas waktu 6 bulan untuk uji KIR," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar