Disdagkop UKM Pantau Harga Komoditas Usai Lebaran

Dilihat 2329 kali
Salah satu lapak penjual daging ayam potong di Pasar Muntilan Magelang, tetap buka saat libur Lebaran.

BERITAMAGELANG.ID - Pasca libur lebaran, Kabid Perdagangan pada Disdagkop UKM Kabupaten Magelang, Pantjaraningtyas Putranto, mengatakan, pihaknya akan memantau perubahan harga sembako dalam sepekan.


"Kita lihat seminggu ke depan, apakah harga sudah mulai normal apa belum," ucapnya, Senin (9/5).


Jelang akhir libur lebaran sejumlah komoditas sembako mulai kembali ke harga awal. Salah satunya adalah komoditas ayam potong yang sempat mencapai harga Rp50 ribu per kg pada hari kedua lebaran karena banyaknya permintaan ditambah tidak banyak yang berjualan.


“Termasuk untuk ongkos potong ayam, per ayam ongkos potongnya Rp10 ribu, hal itu saya masukan ke harga jual," terang salah satu pedagang ayam potong di Pasar Muntilan, Diah Alfa.


Menurut Diah, harga ayam potong saat ini sudah cenderung turun. Yang mana pada awal bulan puasa harga kisaran Rp35 ribu per kg, saat ini kisaran Rp 40 ribu per kg.


"Pada saat harga naik, masyarakat tetap saja membeli karena butuh, namun harapannya harga bisa kembali normal," jelas Diah.


Adapun daftar harga kebutuhan pokok dari Disdagkop UMKM Kabupaten Magelang, adalah beras mentik wangi Rp12 ribu per kg, beras Ir 64 medium Rp10 ribu per kg, beras Ir 64 premium Rp11 ribu per kg, cabe merah besar Rp35 ribu per kg, cabe merah keriting Rp40 ribu per kg, cabe rawit hijau Rp30 ribu per kg, cabe rawit merah Rp28 ribu per kg, bawang merah Rp40 ribu per kg, bawang putih Rp28 ribu per kg, bawang putih kating Rp37 ribu per kg, ayam broiler Rp40 ribu per kg, daging sapi rendang Rp130 ribu per kg, telur ayam ras Rp26 ribu per kg, dan minyak goreng premium Rp25 ribu per kg.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar