Dinas Kominfo Gelar Sosialisasi Internet Sehat Untuk Pelajar SMP

Dilihat 115 kali
BERITAMAGELANG.ID - Dinas Kominfo Kabupaten Magelang mengadakan sosialisasi internet sehat bagi pelajar SMP IT Insan Kamil Kajoran, Senin, (16/11/2020).

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Endra E. Wacana mengungkapkan sejumlah manfaat internet bagi kehidupan masyarakat diantaranya menjadi sumber informasi dan pengetahuan. Selain itu juga menghemat biaya dan waktu.

"Sekarang kami kalau rapat dengan instansi luar daerah misalnya Jakarta atau Semarang, cukup menggunakan vicon (video conference). Bayangkan berapa biaya dan waktu yang dibutuhkan kalau kami harus langsung ke sana. Dan ini semua berkat internet," ujarnya.

Menurut Endra, selain manfaat positif, internet juga menyimpan sejumlah dampak negatif, seperti cyber bullying dan sumber penyebaran isu hoax.

"Maka perlu dicermati dan dicek kembali dengan sumber informasi resmi, apakah itu informasi benar atau hoax. Apalagi kalau mau dibagikan kembali, maka saring sebelum sharing menjadi penting agar kita tidak memberikan informasi hoax kepada masyarakat," pesannya. 

Selain untuk meningkatkan pemahaman, sosialisasi ini juga bertujuan agar masyarakat memperoleh manfaat internet dan terhindar dari dampak negatifnya.

Dalam kesempatan ini menghadirkan narasumber Fiki Ahmad Komisi III DPRD Kabupaten Magelang, Ipda Zaenal dari Polres Magelang, dan Fany Rachmawati dari Dinas Kominfo Kabupaten Magelang.

Kegiatan ini akan berlanjut di sejumlah SMP lainnya di wilayah Kabupaten Magelang, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar