Dinas Kominfo Gelar Pelatihan Konten Video Kreatif

Dilihat 1132 kali

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magelang mengadakan pelatihan pembuatan konten video bagi Kelompok Masyarakat Informasi (KIM), di ruang Bina Karya Komplek Setda Kabupaten Magelang, Senin (24/10/2022). 


Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan 22 KIM dari desa di Kabupaten Magelang. Dalam kegiatan ini diadakan pelatihan pengelolaan konten yang bertujuan untuk menonjolkan potensi yang dimiliki tiap desa dalam bentuk video.


Diskominfo berupaya untuk memberikan bekal kepada masyarakat agar dapat mengekspos potensi desa yang dimiliki sehingga dapat dikenali oleh masyarakat luas.  


"Sebaiknya KIM mempunyai media sosial sebagai sarana edukasi pada masyarakat luas," kata Sugeng Sugiyarto, Subkoordinator Komunikasi Publik mewakili Kepala Diskominfo Kabupaten Magelang. 


Selain itu Sugeng berpesan agar KIM memperbanyak konten positif di media sosial, baik itu video, infografis maupun lainnya sebagai upaya literasi informasi kepada masyarakat.


Dalam proses pembuatan konten perlu diperhatikan komposisi gambar yakni penempatan unsur-unsur gambar ke dalam bingkai. Komposisi gambar harus memperhatikan faktor keseimbangan, keindahan, ruang dan warna. Selain itu perlu memperhatikan unsur-unsur gambar atau visual element yaitu apa saja yang dilihat oleh mata atau lensa kamera di tempat kejadian, seperti tokoh termasuk perlengkapan kostum, make up, lokasi/dekorasi & properti, warna, cahaya/ lighting, dll.


"Karena berada di desa pasti paham sekecil apapun potensi yang bisa diandalkan. Kalau bingung mencari potensi ya kegiatan desa, misal posyandu," terang Agus Munasir, narasumber dari TVRI Jawa Tengah.


"Ibaratkan gerobak kosong yang belum terisi apa-apa. Kitalah yang akan mengisi gerobak (konten) itu dengan potensi yang ada di desa," imbuh Agus.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar