Diluncurkan, Buku Explore Borobudur:100 Destinasi Instagramable

Dilihat 682 kali
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jateng, Sinung Nugroho Rachmadi saat menerima buku Explore Borobudur dari perwakilan Gramedia, Wandi di Omah Mbudur Wanurejo Borobudur, Kamis (28/11)

BERITAMAGELANG.ID - Buku traveling terbaru berjudul "Explore Borobudur: 100 Destinasi Instagramable di Sekitar Candi Borobudur" diluncurkan di Omah Mbudur, Wanurejo, kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, Kamis (28/11/2019). 


Buku karya pasangan suami istri Abang Erwin dan Lily T Erwin ini mengulas berbagai destinasi alam, seni budaya, kerajinan, kuliner dan hotel di seputar kawasan candi Borobudur.


"Buku ini kami persembahkan untuk bumi Borobudur dan masyarakatnya yang telah membuat kami berdua jatuh cinta sejak pertama menginjakkan kaki di desa Tingal kecamatan Borobudur. Entah kekuatan apa yang membuat kami memutuskan untuk menghabiskan hari tua di sini dan meninggalkan Jakarta yang riuh setelah menjadi warga Jabodetabek selama puluhan tahun," kata Lily yang ditemui di sela peluncuran bukunya.


Lily yang berusia 70 tahun mengatakan, dalam menyusun buku ini, ia melibatkan co-writer Ima Hardiman.


Ia mengatakan, beberapa tahun terakhir ini, ekspose potensi wisata sekitar Borobudur di media massa dan media sosial semakin tinggi. Selain upaya pemerintah untuk menjadikan Borobudur sebagai destinasi pariwisata "Bali Baru", juga karena peran pegiat pariwisata tanah air yang menggelar berbagai aktivitas. 


"Jika dulu publisitas Borobudur terbatas pada perayaan Waisak saja, kini media sosial ramai dengan ulasan dan foto-foto indah tentang Punthuk Setumbu, Puncak Suroloyo, Punthuk Mongkrong, Gereja Ayam Bukit Rhema, Pasar Tradisi Merapi, Menorel Trail Run, Mangut Beong kuliner khas Borobudur, dan masih banyak lagi," katanya.


Buku Explore Borobudur: 100 Destinasi  Instagramable ini diterbitkan Gramedia Pustaka Utama. 


Wandi, perwakilan dari Gramedia mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kepada penulis yang sudah berusaha menuangkan berbagai destinasi wisata sekitar candi Borobudur. Hal itu merupakan kontribusi yang luar biasa dan diperlukan masyarakat.


Hal sama disampaikan kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Propinsi Jateng, Sinung Nugroho Rachmadi. Pemerintah juga menyambut baik atas peluncuran buku Explore Borobudur ini.


Dikatakan, dengan buku ini, kita bisa membaca ulang nilai-nilai yang sudah ada dan tumbuh di bumi pertiwi ini. Sehingga sebenarnya nilai-nilai itu tidak perlu dikembangkan atau ditumbuhkan, namun harus dibaca ulang terus menerus. 


“Dengan kita membaca ulang terus menerus, maka akan menimbulkan sebuah kekuatan dan daya yang luar biasa," paparnya.


Menyinggung tentang buku, imbuh Sinung, ia memaparkan bahwa  buku itu sama saja dengan guru. 


“Kata almarhum kakek saya, buku iku podo wae guru, ora tau nesu sanadyan dibuka ing wayah ndalu. (Jadi sama saya buku itu guru yang bisa dibuka kapan saja dan tidak pernah marah)," ulasnya.


Sinung dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan selamat kepada penulis, dan berharap untuk terus berkarya dan bisa menjadi inspirasi bagi penuangan ide dan gagasan bagi Indonesia, NKRI dan juga Pancasila.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar