Digital Marketing Bangkitkan Sektor Ekonomi Kreatif

Dilihat 1331 kali

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang menggelar pelatihan bagi pelaku wisata dan UMKM yang dilaksanakan di Grand Artos Hotel Magelang, selama tiga hari mulai Senin-Rabu (20-23/9/2021).


Pelatihan bertajuk Pelatihan Digitalisasi: Branding, Pemasaran dan Penjualan pada Desa Wisata, Homestay, Kuliner, Souvenir dan Fotografi tetap menerapkan protokol kesehatan.


Pelatihan digitalisasi ini dibuka secara resmi oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin.


"Alhamdulillah Covid-19 sudah mulai melandai di Kabupaten Magelang. Saya selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Disparpora untuk kegiatan ini," kata Christanti dalam sambutannya, Senin (20/9/2021).


Dia menjelaskan, Dekranasda merupakan organisasi nirlaba mitra pemerintah. Dimana perannya mendukung, membantu program-program pemerintah untuk membangkitkan sektor-sektor ekonomi khususnya ekonomi kreatif di daerah setempat.


"Dinas pariwisata ini salah satu pengurus dari Dekranasda. Nah mudah-mudahan kolaborasi yang baik antara Dekranasda dengan SKPD terkait dapat memberikan dampak yang besar untuk proses pembangunan di Kabupaten Magelang," harapnya.


Christanti menyebut dampak pandemi Covid-19 begitu luar biasa. 


"Saya yakin teman-teman ini hampir semua merasakan. Meskipun mungkin ada sektor-sektor usaha yang justru mengalami booming di era pandemi ini. Tetapi lebih banyak yang terdampak," ujarnya.


"Nah ini menjadi PR kita bersama untuk mulai bangkit dan salah satu hal yang menjadi sangat kita perlukan adalah kita bisa memahami pemasaran secara digital," sambungnya.


Menurut Christanti, ketergantungan terhadap dunia digital di masa pandemi Covid-19 ini lebih besar dibanding sebelumnya. Dimana ruang gerak terbatas dan ada jarak antar individu.


"Tetapi dengan adanya skill, keahlian tentang digitalisasi ini, Insya Allah tidak membatasi kita untuk memasarkan produk-produk kita," imbuh dia.


Dia pun berharap, dengan pelatihan ini, dapat memberikan wawasan dan skill kepada para peserta. Agar bisa bertahan, melanjutkan usaha masing-masing di masa pandemi Covid-19.


"Harapannya, pelatihan ini bisa memberikan dampak yang besar untuk pembangunan ekonomi di Kabupaten Magelang. Terlebih di dunia pariwisata yang memiliki multiplayer effect yang besar," harapnya.


"Harapannya teman-teman bisa berinovasi karena dasar dari ekonomi kreatif adalah kreativitas dan inovasi. Kembangkan diri, jalin kolaborasi dengan pihak-pihak lain, sinergi dan jeli melihat peluang," imbuhnya.


Christanti berpesan agar melibatkan anak-anak muda, ibu-ibu PKK, karang taruna untuk membantu dalam hal pemasaran produk. 


"Sehingga usaha-usaha tidak hanya memberikan manfaat untuk diri sendiri tapi juga kepada lingkungan sekitar. Insya Allah nilai bisnis kita bisa semakin berkah," pungkasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar