Dharma Wanita Persatuan Rayakan Ulang Tahun ke 19

Dilihat 3775 kali

BERITAMAGELANG.ID - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Magelang merayakan ulang tahun ke 19 di Pendopo drh. Soepardi Kota Mungkid Kabupaten Magelang, Rabu (12/12). Sejak ditetapkan dalam Musyawarah Nasional luar biasa pada 7 Desember 1999, organisasi DWP sudah 19 tahun mendharmabaktikan dirinya kepada bangsa dan negara Republik Indonesia. 


Melalui Munas tersebut, Organisasi DWP dilahirkan untuk menjadi organisasi yang mandiri, sebagai wadah bagi para istri Aparatur Sipil Negara (ASN) melaksanakan kiprahnya mendukung suami dalam bekerja.


"Usia 19 tahun merupakan usia yang sudah cukup matang bagi sebuah organisasi untuk maju dan terus berkembang. Dan melalui organisasi inilah, para istri Aparatur Sipil Negara dapat mengabdikan diri kepada bangsa dan negara, sehingga dengan sumbangsih yang diberikan tersebut, nantinya diharapkan dapat memperlancar tugas-tugas keseharian para suami yang berprofesi sebagai seorang abdi negara," demikian disampaikan Pj. Sekda Kabupaten Magelang Drs. Adi Waryanto saat membacakan sambutan Bupati dalam kesempatan tersebut.


Pada acara tersebut, Bupati Magelang juga menyampaikan tiga himbauan sebagai bekal bagi Organisasi DWPKabupaten Magelang dalam gerak pengabdian selanjutnya.


"Yang pertama, Dharma Wanita Persatuan agar semakin meningkatkan peran yang lebih konstruktif  kepada seluruh anggotanya, karena salah satu tujuan pendirian organisasi ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya.


Yang dimaksud kesejahteraan di sini tidak harus dinilai dan diukur dari sisi material semata, namun yang lebih utama adalah meningkatnya pengetahuan, wawasan, dan keterampilan dari para anggota Dharma Wanita Persatuan," pesannya.


Dalam kontribusinya melindungi, memberdayakan dan memajukan kaum perempuan, khususnya para perempuan di Kabupaten Magelang, DWP dituntut agar melakukan langkah-langkah nyata.


"Saya melihat dan merasakan, akhir-akhir ini peran para anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Magelang cukup menurun bahkan bisa dikatakan lesu. Untuk itu melalui momentum hari ulang tahun ini, saya himbaukan kepada seluruh anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Magelang agar meningkatkan kembali aktivitas dan peran sertanya dalam kegiatan organisasi Dharma Wanita," lanjutnya.


Himbauan tersebut juga ditujukan kepada seluruh ASN Pemerintah Kabupaten Magelang untuk mendorong para istri agar lebih aktif dalam kegiatan organisasi DWP. Lebih dari itu, keberadaan DWP Kabupaten Magelang, bukan hanya sekedar organisasi wanita yang menopang keberhasilan tugas suami, tapi juga harus dapat menjadi motor penggerak bagi organisasi-organisasi wanita lainnya di Kabupaten Magelang.


"Selanjutnya, saya juga perlu menekankan melalui momentum Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan ini, perkenankan saya selaku Dewan Penasehat, senantiasa mengingatkan bahwa sebagai seorang istri Aparatur Sipil Negara, anggota Dharma Wanita diharapkan bisa menjadi pendamping terbaik bagi suaminya, serta harus dapat memberikan dorongan semangat dan dukungan moril kepada sang suami untuk dapat melaksanakan tugas yang telah dipercayakan kepadanya dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya," pungkasnya.


Acara tersebut dihadiri pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Magelang dan para ketua organisasi wanita. Acara HUT kali ini mengambil tema "Memaksimalkan Potensi Dharma Wanita Untuk Membangun Bangsa" dilanjutkan sosialisasi tentang Penanggulangan dan Pencegahan Anak Dari Kurang Asupan Gizi yang Mengakibatkan Pertumbuhan Fisik Lambat atau Pendek atau yang Disebut Stunting, oleh Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Aji Bau, SKM, MM.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar