Darma Wanita Disdikbud Harus Ikut Memajukan Pendidikan

Dilihat 245 kali
Ketua Dharma Wanita Disdikbud Kabupaten Magelang, Ny. Ismundari Endra Wacana (kanan) menyerahka cinderamata pada Ny. Haryono (kiri).

BERITAMAGELANG.ID - Peran anggota Dharma Wanita di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, sangat diperlukan untuk mendorong kinerja suami dalam peningkatan pendidikan. Dengan dorongan itu, jelas mampu menumbuhkan semangat kerja dalam mencerdaskan bangsa.

"Dukungan Ibu-ibu Dharma Wanita Disdikbud sangat diperlukan. Apalagi, saat ini Pemerintah Kabupaten Magelang, telah mengembangkan sekolah Adiwiyata," kata Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Drs. Endra E. Wacana, MM, Senin (11/02).

Dalam kesempatan tersebut, jajaran pengurus Dharma Wanita Disdikbud Kabupaten Magelang, menggelar pisah sambut Ketua Dharma Wanita, dari Ny. Haryono kepada Ny. Ismundari Endra Wacana. Pisah sambut berlangsung di arena outbound Nabin, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Menurut Endra, tujuan sekolah Adiwiyata untuk meningkatkan kesadaran sejak dini kepada anak-anak agar peduli lingkungan. Mengingat saat ini Pemkab Magelalng melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) baru menargetkan 50 sekolah dasar (SD) Adiwiyata. Harapannya, setiap tahun bisa mencapai 200 sekolah Adiwiyata.

"Sekolah Adiwiyata berfungsi untuk mengarahkan sekolah untuk peduli tentang lingkungan. Adiwiyata bukan sekedar kegiatan menanam semata. Tetapi Adiwiyata untuk kepedulian terhadap anak didik," jelas Endra.

Untuk itu, ibu-ibu yang tergabung dalam Dharma Wanita diharapkan ikut mendorong untuk meningkatkan sekolah - sekolah di Kabupaten Magelang, agar bisa menerapkan sekolah Adiwiyata. Program kepedulian lingkungan ini diharapkan bisa muncul dan diterapkan murni dari sekolah.

Sekolah memiliki banyak potensi untuk dimanfaatkan menjadi sekolah Adiwiyata. Namun hal itu belum terorganisir dengan baik. Maka dari itu, perlu diarahkan agar sekolah bisa segera menerapkan Sekolah Adiwiyata.

Pengarahan ini perlu agar bisa memenuhi target, bahwa semua sekolah di Kabupaten Magelang bisa menerapkan Sekolah Adiwiyata.

"Pemahaman, pengarahan perlu untuk menjaga lingkungan, agar sekolah itu peduli," tambahnya.

Ketua Dharma Wanita Disdikbud Kabupaten Magelang, Ismundari Endra Wacana mengatakan, ibu-ibu harus mendorong untuk memajukan Pendidikan di Kabupaten Magelang, mengingat pendidikan merupakan investasi bagi anak-anak untuk masa depan.

"Peran ibu sangat penting untuk ikut memajukan Pendidikan," katanya.

Pengelola Wisata Outbound Savitri, Wisnu Harjanto mengungkapkan, tempatnya merupakan arena paling pas untuk menggelar kegiatan karena disiapkan berbagai permainan yang berkaitan dengan Pendidikan. Selain outbound, juga dikembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menyajikan berbagai makanan.

"Kami bekerjasama dengan UMKM yang ada di sekitar arena Outbound Savitri, tujuannya untuk membantu memasarkan usaha kecil agar tetap eksis. Dengan kerjasama ini, paling tidak membantu perekonomian warga sekitar," harapnya. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar