Detik-Detik Waisak, Candi Borobudur Tetap Buka Untuk Wisatawan

Dilihat 597 kali
Sejumlah pekerja sedang mempersiapkan perlengkapan dan panggung di taman Kenari Candi Borobudur, yang akan digunakan sebagai kegiatan Detik-detik Waisak 2556 BE/2022.

BERITAMAGELANG.ID - Prosesi detik-detik Waisak 2556 BE/2022  yang jatuh pada hari Senin, (16/5) pukul 13.46.13, tidak menjadi penghalang bagi PT. Taman Wisata Candi Borobudur untuk tetap melayani wisatawan. Hanya saja, wisatawan tidak diperbolehkan sampai halaman Kenari atau sisi barat candi, yang digunakan sebagai tempat berlangsungnya kegiatann Waisak.

"Wisatawan tidak diperbolehkan sampai halaman Kenari yang digunakan sebagai tempat prosesi acara Waisak," terang General Manager PT TWCB, Aryono Hendro Malyanto, Jumat, (13/5/2022).

Aryono menjelaskan, saat prosesi Waisak, wisatawan yang datang hanya diperbolehkan menikmati kemegahan candi Borobudur hingga pelataran saja.

Disebutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan panitia Waisak dari Walubi, dan diizinkan buka untuk melayani pengunjung saat prosesi Waisak.

Diluar kegiatan Waisak, pengunjung bisa mengitari keseluruhan pelataran candi Borobudur. Namun khusus untuk kegiatan Waisak, pengunjung  diarahkan keluar lewat pintu barat candi.

Agar pengunjung tidak bingung, maka sejumlah petugas di tempatkan untuk mengarahkan para wisatawan, melalui jalur pintu keluar. Dengan demikian, umat Budha yang sedang mengikuti rangkaian acara Waisak tidak merasa terganggu dan menjalaninya dengan tenang.

Dikatakan, hingga saat ini, wisatawan yang datang belum diperbolehkan naik candi peninggalan wangsa Syailandra abad 8 ini. Sejak pandemi Covid-19 dua tahun silam, pihak Balai Konservasi Borobudur masih menutup dan belum membukanya hingga saat ini.

Usai detik Waisak, pada malam harinya dilaksanakan Dharmasanti yang digelar di zona II taman Lumbini. Pada saat itu, akan dilangsungkan penerbangan lampion yang merupakan acara yang sudah ditunggu-tunggu oleh umat Budha dan masyarakat pada umumnya.

Aryono menerangkan, penerbangan lampion ramah lingkungan ini dibagi dalam dua sesi. Yakni, pukul 18.00 WIB dan pukul 20.00 WIB.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar