Desa Donorojo Mertoyudan Sentra Perajin Genting

Dilihat 3233 kali
Proses mencetak dan penjemuran genting pres di Dusun Kragilan Desa Donorojo Kecamatan Mertoyudan Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Kendati tidak sepopuler Dusun Nglipoh Desa Karanganyar Kecamatan Borobudur, produk gerabah dari Dusun Kragilan Desa Donorojo Kecamatan Mertoyudan Magelang tidak kalah kualitasnya.


Salah satu perajin gerabah Dusun Kragilan, Marsini, mengatakan, keterampilan membuat gerabah didapat secara turun-temurun dari orang tua pendahulu.


"Hampir semua warga di Dusun Kragilan mayoritas memproduksi gerabah, mulai dari genting, anglo untuk memasak, pot bunga dan lain-lain sesuai dengan pesanan," ucap Marsini.


Namun, produk unggulan gerabah Dusun Kragilan adalah komoditas genting pres, dengan kualitas istimewa dan produk tersebut telah lama memenuhi permintaan genting pres dalam dan luar daerah.


"Banyak pelanggan yang langsung datang ke sini beli genting pres untuk dipakai sendiri. Produk kami juga ada di toko material, termasuk memasok kebutuhan genting di Pasar Godean Yogyakarta," terang Marsini.


Untuk proses produksinya, tanah liat diolah dan dipres menggunakan mesin pres, kemudian diangin-anginkan lalu dijemur di bawah sinar matahari rata-rata 6.000 genting sekali bakar. Dalam membakar genting bisa dilakukan setengah bulan sekali, atau bisa sebulan tergantung cuaca.


“Dengan harga rata-rata satu genting Rp950. Bahan baku tanah dari Dusun Kragilan sendiri karena kualitasnya bagus," papar Marsini.


Kepala Desa Donorojo, Samsul Hadi, mengatakan, terdapat 22 perajin genting dan 2 perajin anglo (tungku tanah liat) di Dusun Kragilan Desa Donorojo.


"Dulu awalnya mencetak genting secara manual, mulai tahun 90an awal sudah memakai mesin cetak pres karena menyesuaikan permintaan pasar," jelas Samsul Hadi.


Samsul menambahkan, Dusun Kragilan sempat dikunjungi wisatawan dari Borobudur untuk edukasi membuat produk gerabah.


Tahun 2015 sempat sering ada kunjungan wisatawan dari Borobudur naik dokar atau delman berkunjung ke Dusun Kragilan untuk wisata edukasi gerabah.


“Harapannya hal itu bisa berlanjut, karena kualitas gerabah Dusun Kragilan juga tidak kalah bagusnya," tandas Samsul Hadi.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar