Desa Deyangan Segera Siapkan Tempat Penampungan Hewan Ternak Pengungsi

Dilihat 555 kali
Kepala Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan Magelang, Risyanto, menunjukan rencana lokasi penampungan di rumah warga, gedung sekolah dan tempat ibadah

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan akan menyiapkan tempat pengungsian bagi hewan ternak. Desa Deyangan menjadi desa penyangga pengungsi dari Desa Krinjing Kecamatan Dukun.


Kepala Desa Deyangan, Risyanto mengatakan, rencananya hewan ternak milik pengungsi akan diungsikan di Lapangan Cangkol, sebelah Dusun Klodran Desa Deyangan.


"Di Cangkol itu ada lapangan, dulu rencana mau dibangun pabrik di lokasi itu tapi tidak jadi, sehingga menyisakan tanah lapang," ucap Risyanto, saat diwawancarai di tempat kerjanya, Selasa (10/11/2020).


Menurut Risyanto, dengan adanya tempat penampungan hewan tersebut, maka pengungsi akan lebih tenang, karena ternak mereka turut turun ke desa tempat pengungsian. Dimana mayoritas pengungsi adalah petani yang mempunyai hewan ternak.


"Hewan ternak bagi petani adalah harta tabungan, yang dirawat, dibesarkan dan bisa dijual dengan harga tinggi sewaktu membutuhkan biaya.


Maka akan sangat sayang sekali apabila hewan ternak terkena dampak letusan Merapi, yang membuat para petani kehilangan tabungannya," papar Risyanto.


Adapun menurut data, jumlah ternak pengungsi dari Desa Krinjing sejumlah 1.200 ekor.


Nantinya akan dibuatkan kandang, agar hewan ternak dapat dirawat. Saat ini Gedung Balai Desa Deyangan menampung 124 pengungsi. 


“Apabila Gunung Merapi ada tanda-tanda berbahaya, maka seluruh penduduk di Desa Krinjing akan turun ke Desa Deyangan, maka selain ditampung di Balai Desa, juga akan ditampung di tempat ibadah serta rumah warga dan gedung sekolah," ungkap Risyanto.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar